Hide Menu

5 Tips Trip Kawah Ijen dari Malang dari Plesir Bikin Wisata Makin Menyenangkan, Simak!

Berikut Berbagai Macam Tips yang Lengkap untuk Membantu dalam Persiapan Liburan Anda Menuju Kawah Ijen

Artikel Trip Kawah Ijen dari Malang ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Trip Kawah Ijen dari Malang 2024
© freepik.com

Trip dari Malang ke Kawah Ijen Lewat Mana?

Trip dari Malang ke Kawah Ijen Lewat Mana?
freepik.com

Kawah Ijen terletak di wilayah Banyuwangi yang mana merupakan sebuah kabupaten paling timur di daerah Jawa Timur. Bila ingin ke Kawah Ijen dari Malang, Plesirmania bisa melewati Probolinggo. Kemudian, lanjut lagi ke Bondowoso.

Anda juga bisa lewat Lumajang, lalu melanjutkan perjalanan melalui Jember. Setelah itu, terserah Anda ingin meneruskan perjalanan melewati Bondowoso atau jalan memotong lewat daerah Pakisanlawas dan Sukosari.

Kedua jalur yang tim Plesir sebutkan tadi adalah jalur yang dapat Plesirmania lewati ketika berkendara di luar jalur tol atau jalan raya pada umumnya. Jika ingin bepergian ke Kawah Ijen lewat jalan tol dari Malang, lalui saja Tol Pasuruan-Probolinggo.

Nah, sebelum mencoba melewati jalur-jalur tersebut, tim Plesir sarankan Anda mengetahui tips trip Kawah Ijen dari Malang lebih dulu supaya Anda punya persiapan matang ketika berangkat. Jangan berlama-lama, gulirkan layar ponsel kesayangan Anda! 

Cara ke Kawah Ijen dari Malang

Cara ke Kawah Ijen dari Malang
freepik.com

Ada beberapa cara yang bisa Plesirmania tempuh agar sampai ke Kawah Ijen dari Malang. Plesirmania bisa naik transportasi umum via darat maupun udara. Contoh transportasi darat ialah kereta api, bus antar kota dalam provinsi, dan travel. Sedangkan transum udara yaitu pesawat terbang.

Di sisi lain, Plesirmania bisa saja menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Naik kendaraan pribadi memberikan keuntungan lebih fleksibel dan tak perlu pergi ke stasiun maupun terminal. Sementara itu, naik kendaraan umum memberikan efisiensi tenaga dan uang.

Trip Kawah Ijen Plus Banyuwangi 4 Hari 3 Malam

Trip Kawah Ijen Plus Banyuwangi 4 Hari 3 Malam
freepik.com

Taman Wisata Alam Kawah Ijen merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Indonesia (Syakir K et al, 2017). Tampaknya tak akan seru bila Anda sudah di Kawah Ijen tetapi tidak mampir ke Banyuwangi sekalian. Kalau Plesirmania punya waktu lebih sampai dengan 4 hari 3 malam, sebaiknya kunjungilah Banyuwangi sehabis mengunjungi Kawah Ijen.

Anda bisa menginap di Kota Banyuwangi, lalu berkeliling ke daerah utara dan selatan. Plesirmania dapat menjelajahi Kawah Ijen di hari pertama sampai dengan siang hari. Di hari kedua, Anda bisa mengunjungi Taman Nasional Baluran, Pantai Bama, dan Savana Bekol.

Di hari ketiga ini cobalah pergi ke Hutan De Djawatan Benculuk, Pantai Teluk Ijo, dan Pantai Pulau Merah. Untuk mengakhiri petualangan 4 hari 3 malam, Plesirmania dapat mengunjungi Pulau Tabuhan. Itu dia contoh agenda paket open trip Kawah Ijen plus Banyuwangi selama empat hari.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Trip Kawah Ijen dari Malang - Terbaru 2024

Sebentar lagi Anda akan berjumpa dengan tips tour Kawah Ijen Malang. Maka, segera siapkan catatan Anda dan bacalah penjelasannya!

1
Berangkat Malam Hari dari Malang

Menghindari Panas Terik Matahari

Berangkat Malam Hari dari Malang

2
Lewat Tol Pandaan Malang Lebih Cepat

Jalan Pintas Paling Disarankan

Lewat Tol Pandaan Malang Lebih Cepat

3
Pakai Pakaian Tebal

Dapat Mencegah Udara Dingin yang Merasuk

Pakai Pakaian Tebal

4
Bawa Keperluan Mendaki

Penting untuk Menunjang Kegiatan Pendakian

Bawa Keperluan Mendaki

5
Bawa Camilan Secukupnya

Buat Pengganjal Perut agar Tak Lapar

Bawa Camilan Secukupnya

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Menghindari Panas Terik Matahari
© freepik.com
1
Menghindari Panas Terik Matahari

Berangkat Malam Hari dari Malang

Rekomendasi kami

Menurut Plesirmania, mengapa Anda harus pergi ke Kawah Ijen dari Malang saat malam hari? Ya, tepat sekali, itu karena Anda bisa berkesempatan melihat blue fire, sebuah fenomena api biru yang fenomenal di dunia.

Plesirmania bisa mendaki pada dini hari pukul 12 malam. Blue fire dapat terlihat ketika kegelapan datang atau lebih tepatnya saat kondisi tidak ada cahaya di sekitar. Jika tidak ingin melewatkan kesempatan, Plesirmania bisa melihat keajaiban api biru tersebut sekitar pukul 2-4 pagi hari.

Jalan Pintas Paling Disarankan
© freepik.com
2
Jalan Pintas Paling Disarankan

Lewat Tol Pandaan Malang Lebih Cepat

Tim Plesir telah menjelaskan sebelumnya bahwa Anda bisa lewat tol bukan untuk menuju Kawah Ijen. Anda bisa mengambil jalan Tol Pandaan-Malang mengarah ke Tol Gempol-Rembang, dan menuju ke Tol Pasuruan-Probolinggo.

Keuntungan naik tol adalah tentu saja lebih cepat sampai di lokasi tujuan. Anda tak perlu sibuk menunggu lamanya lampu merah seperti di jalan raya dan kemacetan yang terjadi karena banyaknya kendaraan melintas.

Dapat Mencegah Udara Dingin yang Merasuk
© freepik.com
3
Dapat Mencegah Udara Dingin yang Merasuk

Pakai Pakaian Tebal

Rekomendasi kami

Tahukah Anda bahwa kondisi cuaca di Gunung Ijen sangat dingin? Itu sebabnya saat mengunjungi destinasi menakjubkan ini jangan lupa memakai pakaian tebal. Plesirmania bisa menggunakan baju lengan panjang dilengkapi dengan jaket musim dingin.

Kemudian, pakailah juga perlengkapan lain seperti sarung tangan serta masker. Membawa sarung tangan dapat membantu Anda menghangatkan jari-jari yang kedinginan, sementara masker mencegah Anda menghirup belerang berlebihan.

Untuk pakaian bagian bawah, pakai saja celana training hiking dan sepatu hiking yang tepat dengan bahan tahan dingin dan angin. Kalau memakai barang-barang tersebut tidak akan membuat Anda kedinginan!

Penting untuk Menunjang Kegiatan Pendakian
© freepik.com
4
Penting untuk Menunjang Kegiatan Pendakian

Bawa Keperluan Mendaki

Rekomendasi kami

Tidak selalu mereka yang sudah terbiasa mendaki yang boleh membawa alat-alat hiking. Justru Anda sebagai pemula harusnya membawa alat tersebut. Salah satu alat mendaki berguna dalam melakukan pendakian ke Gunung Ijen adalah trekking pole.

Trekking pole merupakan alat berupa tongkat panjang untuk membantu berjalan para pendaki. Ini juga dapat membantu Anda mendaki Gunung Ijen di medan menanjak. Selain trekking pole, Plesirmania bisa membawa tenda. Ini berguna sebagai tempat istirahat setelah lelah mendaki berjam-jam.

Tentu saja tenda juga memiliki fungsi sebagai tempat berlindung dari serangan dinginnya malam Gunung Ijen. Anda pun dapat menunggu matahari terbit di dalam tenda. Biasanya, menunggu sunrise akan lama. Jadi, bawalah tenda juga!

Buat Pengganjal Perut agar Tak Lapar
© freepik.com
5
Buat Pengganjal Perut agar Tak Lapar

Bawa Camilan Secukupnya

Rekomendasi kami

Karena cuaca dingin sudah pasti menyelimuti Anda saat mendaki, jangan lupa membawa camilan ringan secukupnya untuk mengisi perut saat lapar. Makanan ringan yang cocok Anda bawa saat mendaki adalah makanan dengan kandungan protein atau makanan yang dapat menambah energi.

Sebagai contoh, gandum snack bar, kentang, apel, dark chocolate, dan madu. Jika tak merasa keberatan membawa makanan dalam jumlah banyak, sebaiknya bawa saja. Ini sangat membantu bila perut terasa sangat lapar. Anda dapat menyimpan makanan itu di sebuah kotak makan dan memasukkannya ke dalam tas punggung.

Tanya Jawab Seputar Trip Kawah Ijen dari Malang

Sebelum melanjutkan ke section penutup, intip beberapa pertanyaan seputar tour Kawah Ijen berikut. Check it out!

Berapa biaya ke Kawah Ijen?

Besaran biaya masuk ke destinasi ini ialah hanya Rp. 5.000 berlaku pada hari kerja dan Rp. 7.500 pada hari libur. Kedua harga tersebut diperuntukkan kepada wisatawan lokal.

Berapa lama hiking ke Kawah Ijen?

Lama perjalanan hiking ke Kawah Ijen membutuhkan waktu sekitar 2-2,5 jam.

Kapan waktu yang tepat ke Kawah Ijen?

Waktu yang tepat ke tempat tersebut adalah saat intensitas kabut menurun dan saat musim kemarau tiba. Anda dapat berkunjung pada akhir Desember, Januari, Juli sampai dengan September.

Apa saja yang harus dibawa saat ke Kawah Ijen?

Plesirmania harus membawa jaket, topi, kacamata, masker, backpack, alat-alat mendaki, cemilan, dan air mineral.

Berapa sewa guide di Kawah Ijen?

Harga sewanya mencapai Rp. 250.000 per 10 orang peserta.

Kesimpulan: Trip Kawah Ijen dari Malang

Telah tiba saatnya Plesirmania dan tim Plesir berpamitan. Dapat disimpulkan tips pergi ke Kawah Ijen dari Malang itu ada lima, yakni melewati jalan tol, berangkat pada malam hari, memakai pakaian tebal, membawa bekal, dan membawa peralatan mendaki.

Tim Plesir sarankan selalu mengingat tips tersebut supaya aktivitas liburan Anda sukses dari awal hingga akhir. Jadi, apakah Anda sudah siap berangkat ke Kawah Ijen? Jangan lupa pesan tiketnya terlebih dulu agar perjalanan lancar!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo