Hide Menu

Ada 2 Cara Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya, Lewat Udara dan Laut. Seru Abis!

Penjelasan Terlengkap Mengenai Cara Menuju Raja Ampat Naik Pesawat dan Kapal

Artikel Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya ini diposting diperbarui
27 Pembaca
Like
Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya 2024
© freepik.com

Perjalanan dari Surabaya ke Raja Ampat Bisa Naik Apa?

Perjalanan dari Surabaya ke Raja Ampat Bisa Naik Apa?
freepik.com

Raja Ampat dan Surabaya merupakan dua wilayah di Indonesia yang dipisahkan jarak ribuan kilometer jauhnya. Untuk mencapai Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat dari Surabaya, Plesirmania membutuhkan transportasi yang bisa menyeberangkan Anda ke luar pulau.

Bukan mobil maupun sepeda motor, kereta api atau bahkan bus antar provinsi, melainkan pesawat terbang dan kapal laut. Sayangnya, baru dua jenis tranportasi inilah yang mampu mengantarkan Anda ke Raja Ampat.

Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya itupun tidak langsung sampai ke Kepulauan Raja Ampat. Anda harus transit terlebih dahulu di Sorong baik naik pesawat ataupun kapal laut. Begitulah kenyataannya, berbeda dengan saat Anda ingin pergi ke Jakarta dari Surabaya bisa naik kendaraan apa saja.

Sebentar lagi tim Plesir akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara menuju kerajaan Raja Ampat dari Surabaya menggunakan pesawat dan kapal. Jangan ke mana-mana ya, baca artikel ini sampai tuntas. Yuk, selesaikan!

Rincian Biaya ke Raja Ampat

Rincian Biaya ke Raja Ampat
freepik.com

Sama halnya berkunjung ke Bali, berkunjung ke Raja Ampat pasti membutuhkan biaya. Biaya wisata Raja Ampat dapat meliputi tiket pesawat atau kapal pulang dan pergi, makan dan minum, hotel, sewa kapal, tiket masuk wisata, dan sebagainya.

Dari kumpulan biaya ini, Anda bisa menjumlahkan berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk bepergian ke surga terindah itu. Mengutip dari halaman indonesiajuara.asia, tim Plesir menemukan biaya open trip Raja Ampat terbaru (bukan 2017) 3 hari 2 malam sekitar Rp. 5.500.000 per orang.

Besaran harga tersebut belum termasuk ongkos naik pesawat atau naik kapal bolak-balik serta ongkos membeli oleh-oleh. Umumnya, paket biaya seperti itu hanya mencakup penginapan, tiket masuk wisata, makan dan minum, serta transport menuju lokasi wisata.

Sementara itu, harga tiket pesawat sudah mencapai 3 juta rupiah dan tiket kapal sekitar 770 ribu rupiah. Harga naik masing-masing kendaraan adalah untuk tiket sekali jalan. Apabila PP, maka jumlahnya dua kali lipat.

Kemudian, kalau digabungkan biaya keseluruhan tanpa biaya oleh-oleh hasil yang Anda dapatkan sekitar:

  • Rp. 5.500.000 + Rp. 6.000.000 (tiket pesawat PP) = Rp. 11.500.000
  • Rp. 5.500.000 + Rp. 1.540.000 (tiket kapal PP) = Rp. 7.040.0000

Daftar Harga Tiket Pesawat dan Kapal Pelni Surabaya-Sorong

Daftar Harga Tiket Pesawat dan Kapal Pelni Surabaya-Sorong
freepik.com

Untuk Anda yang masih mencari-cari info harga tiket pesawat dan tiket kapal terbaru tak perlu mencari ke tempat lain, simak saja rangkuman pada tabel bawah ini!

Harga Tiket Pesawat

MaskapaiHarga
Lion AirRp. 2.868.500-Rp.3.607.400 
GarudaRp. 4.625.300
Pelita AirRp. 5.059.280
Batik AirRp. 3.353.300

Harga Tiket Kapal Pelni

KMPHarga
Gunung DempoRp. 767.000
LabobarRp. 767.000
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya - Terbaru 2024

Tanpa berlama-lama lagi, ayo renungkan sejenak cara perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya seperti pada dua kolom selanjutnya. Segera simak, ya!

1
Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya Naik Pesawat

Lebih Mudah dan Cepat, Gak Sampai Berhari-hari

Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya Naik Pesawat

2
Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya Naik Kapal

Butuh Waktu Panjang Berlibur Pakai Kapal Laut

Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya Naik Kapal

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Lebih Mudah dan Cepat, Gak Sampai Berhari-hari
© freepik.com
1
Lebih Mudah dan Cepat, Gak Sampai Berhari-hari

Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya Naik Pesawat

Rekomendasi kami

Memang tidak mudah memalingkan keinginan untuk tidak mengunjungi Raja Ampat sekali seumur hidup. Dr. Ir. Victor et al (2016) memaparkan Kepulauan Raja Ampat adalah jantung segitiga karang dunia (Heart of The Coral Triangle) dan telah diakui sebagai salah satu kawasan yang mempunyai terumbu karang terbaik di dunia.

Bila Anda punya waktu dan dana yang cukup, sempatkan terbang ke tempat di mana karang terbaik itu berada. Terbang naik pesawat merupakan salah satu cara ke Raja Ampat yang bisa Anda gunakan. Lalu, naik dari mana kalau mau naik pesawat dari Surabaya?

Satu-satunya bandara internasional dekat Surabaya adalah Juanda International Airport di Sidoarjo. Anda bisa naik dari sana, kemudian turun di Domine Eduard Osok Airport. Lalu, biasanya pesawat-pesawat yang menyediakan penerbangan rute SUB-SOQ ini menawarkan penerbangan transit.

Penerbangan transit sendiri nantinya tidak akan langsung mengarah ke Bandara DEO, melainkan ke Bandara Hasanuddin Makassar atau Bandara Internasional Ngurah Rai Bali lebih dulu. Dengan ini, waktu penerbangan Anda akan memakan waktu sekitar 7 jam atau lebih.

Setelah sampai di Sorong, Plesirmania bisa naik pesawat perintis seperti Susi Air atau Wings Air dari Bandara DEO menuju Bandara Marinda Raja Ampat di Waisai. Di sisi lain, Anda juga bisa naik kapal ferry Marina Express Bahari di Pelabuhan Rakyat Sorong menuju Pelabuhan Marina Waisai.

Namun, perlu dicatat bahwa kedua jadwal pesawat maupun kapal ferry tidak selalu ada. Pesawat Susi Air misalnya hanya melayani hari Senin, Rabu, Jum’at, sedangkan kapal ferry tersedia pukul 9 pagi dan 2 sore WIT setiap harinya.

Kemudian, sesampainya di Waisai, Plesirmania bisa menyewa fast boat untuk island hopping ke pulau-pulau kecil sekitar Kepulauan Raja Ampat. Inilah cara naik pesawat ke tempat terumbu karang terindah itu!

Butuh Waktu Panjang Berlibur Pakai Kapal Laut
© freepik.com
2
Butuh Waktu Panjang Berlibur Pakai Kapal Laut

Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya Naik Kapal

Rekomendasi kami

Cara kedua ke Raja Ampat yakni naik kapal laut seperti yang sudah tim Plesir katakan di awal. Plesirmania bisa mulai naik dari Pelabuhan Tanjung Perak. Inilah pelabuhan satu-satunya yang bisa Anda kunjungi untuk naik kapal ke Raja Ampat melalui Sorong. 

Berbagai macam kapal motor Pelni hadir menawarkan perjalanan rute Surabaya-Sorong, antara lain Dorolonda, Gunung Dempo, Labobar, Tatamailau, dan Sinabung. Saat menaiki kapal-kapal tersebut, Plesirmania akan melalui beberapa wilayah. Contohnya Makassar, Namlea, Bau-Bau, dan Ambon.

Di samping itu, naik kapal membutuhkan waktu yang lama, tidak seperti naik pesawat hanya perlu terbang selama 4 jam-an saja. Naik kapal memerlukan waktu sekitar 4 hari lamanya. Ini merupakan moda tranportasi kurang efisien dalam perihal waktu. Bagaimanapun, harganya patut diperhitungkan!

Lalu sesampainya Anda di Sorong, Plesirmania bisa memilih mau melanjutkan perjalanan menggunakan kapal laut lagi atau pesawat perintis. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa naik kapal ferry dari Pelabuhan Sorong dengan tujuan Pelabuhan Marina Waisai dan naik pesawat perintis dari Bandara DEO ke Bandara Marinda Raja Ampat Waisai.

Lebih lanjut setelah sampai di Waisai, Plesirmania bisa berkeliling pulau yang ada di Kepulauan Raja Ampat menggunakan fast boat. Itulah cara naik kapal dari Surabaya ke Raja Ampat!

Tanya Jawab Seputar Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya

Apakah pertanyaan Anda belum terjawab semuanya? Baca sejumlah pertanyaan berikut dan temukan jawaban yang Plesirmania inginkan!

Kalau mau ke Raja Ampat turun di bandara apa?

Plesirmania bisa turun di Bandara Domine Eduard Osok Sorong.

Raja Ampat bayar berapa?

Anda harus bayar sebesar 10 juta rupiah lebih untuk bepergian ke Raja Ampat.

Berapa lama naik kapal dari Sorong ke Raja Ampat?

Lama perjalanan Sorong ke Raja Ampat Waisai adalah sekitar 2 jam lebih.

Berapa tiket pesawat Jakarta Raja Ampat?

Harga tiket pesawat dengan rute tersebut mulai dari 2,9 juta rupiah sampai dengan 5 jutaan rupiah.

Kesimpulan: Perjalanan ke Raja Ampat dari Surabaya

Sekian dahulu penjelasan panjang lebar mengenai perjalanan menuju Raja Ampat melalui Surabaya. Plesirmania kini dapat memilih ingin naik apa ke destinasi wisata menakjubkan tersebut. Naik pesawat boleh, naik kapal sah-sah saja. Yang terpenting Anda merasa nyaman. Semoga honeymoon Anda menyenangkan, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo