Hide Menu

Ayo Merapat, Ada Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam Terbaru Ini Hadir Buat Ide Liburan!

Menjelajahi Surabaya Selama Tiga Hari Tak Afdal Rasanya Bila Tidak Mengunjungi Tempat-Tempat Wisata Berikut, Simak!

Artikel Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam 2024
© freepik.com/AlexTravel

Keliling Surabaya 3 Hari 2 Malam ke Mana?

Keliling Surabaya 3 Hari 2 Malam ke Mana?
freepik.com/creativaimages

Kota terbesar kedua di Indonesia itu namanya Surabaya. Kota ini mempunyai banyak tempat-tempat yang menarik untuk wisatawan kunjungi karena keunikan sejarah dan terdapat pelabuhan tua di sini. Dari keunikan inilah, Kota Pahlawan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Mau wisata budaya? Ada. Wisata sejarah apalagi. Semuanya ada! 

Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, dan Jembatan Suramadu merupakan beberapa kumpulan ikon wisata di Surabaya. Objek wisata tersebut dapat Anda kunjungi ketika travel Surabaya 3 hari. Bahkan bisa menjadi list tempat wisata yang apik dikunjungi ketika ingin satu hari berkeliling Surabaya.

Jangan lupakan Wisata Religi Ampel, Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Kebun Binatang Surabaya, tempat kuliner Jalan Walikota Mustajab serta tempat membeli oleh-oleh legendaris Genteng. Semua tempat itu dapat Anda kunjungi saat liburan tiga hari lamanya.

Bagi siapapun pelancong, khususnya wisatawan dari Bali, Jogja, maupun Malang, silakan mencatat itinerary Surabaya 3 hari 2 malam berikut sebagai referensi mengunjungi Kota Pahlawan ini. Detail penjelasan akan tim Plesir ungkap sebentar lagi. Stay tuned, ya!

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam - Terbaru 2024

Dalam penelitiannya, Felicia E dan Hertiari I (2019) mengatakan Surabaya mempunyai daya tarik potensi wisata, keunikan budaya serta sejarah, sehingga dapat menarik wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Memang apa saja wisata di Surabaya? Temukan beberapa destinasi wisata Surabaya dalam itinerary Surabaya 3 hari 2 malam berikut!

1
Hari Pertama

Check In Hotel, Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Ampel, dan Jembatan Suramadu

Hari Pertama

2
Hari Kedua

Kuliner Sate Kelopo, Kenjeran Park, Kebun Binatang Surabaya, dan Surabaya North Quay

Hari Kedua

3
Hari Ketiga

Pusat Oleh-Oleh Genteng dan Check Out Hotel

Hari Ketiga

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Check In Hotel, Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Ampel, dan Jembatan Suramadu
© freepik.com
1
Check In Hotel, Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Ampel, dan Jembatan Suramadu

Hari Pertama

Rekomendasi kami

Paket wisata Surabaya city hari pertama untuk Plesirmania sangat spesial karena akan mengunjungi empat tempat wisata terkenal sekaligus. Kegiatan ini bisa Anda mulai pukul 2 siang setelah sampai di Surabaya dari Jogja dan setelah selesai check in hotel.

Sudah tahu ‘kan hotel sekitar pusat kota yang akan Plesirmania inapi? Kalau belum, intip rekomendasinya di Plesir sini. Jika sudah, saatnya bergegas menuju destinasi pertama di Surabaya, yaitu Tugu Pahlawan. Tim Plesir menyarankan Anda agar segera menuju lokasi karena tempat tersebut akan tutup pukul 3 sore.

Anda bisa memesan tiket masuk Tugu Pahlawan dulu secara online melalui tiketwisata.surabaya.go.id. Harga tiket masuknya sebesar Rp. 5.000. Kemudian, cara menuju lokasi dari penginapan adalah menggunakan ojek online atau naik angkutan umum. Perkiraan waktu tempuh hanya 8 menit. Dekat sekali!

Anda mungkin tidak berkesempatan mengelilingi seluruh area Tugu Pahlawan, namun di bagian luar gedung sudah terlihat monumen ikonik tersebut. Walaupun tidak sampai ke dalam, Anda masih bisa berswafoto sejumlah monumen yang ada di luar.

Setelah selesai mengunjungi Tugu Pahlawan, saatnya pergi ke Monumen Kapal Selam (Monkasel). Ini merupakan monumen yang berbentuk kapal asli, dahulunya dibeli oleh Indonesia dari Uni Soviet (Rusia). Anda bisa melihat kerangka dalam dari kapal selam tersebut dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang.

Selesai mengunjungi Monkasel pukul 5 sore, Plesirmania bisa melanjutkan perjalanan ke daerah Ampel. Kawasan Ampel merupakan tempat wisata terkenal berbasis religi karena di dalamnya terdapat makam Sunan Ampel. Selain bisa melakukan wisata religi, Anda dapat melakukan kegiatan lainnya, seperti kulineran, wisata cagar budaya, dan belanja pernak-pernik khas Ampel.

Puas berkeliling kawasan Ampel, lanjutkan perjalanan menuju Jembatan Suramadu. Jarak dari Ampel ke Jembatan Suramadu ialah 8 km sekitar 15 menit berkendara, tidak sampai 1 jam. Akhiri wisata hari pertama dengan melihat indahnya malam Surabaya utara di bawah jembatan sambil menyantap makan malam.

Kuliner Sate Kelopo, Kenjeran Park, Kebun Binatang Surabaya, dan Surabaya North Quay
© freepik.com
2
Kuliner Sate Kelopo, Kenjeran Park, Kebun Binatang Surabaya, dan Surabaya North Quay

Hari Kedua

Rekomendasi kami

Inilah waktu yang pas untuk bersenang-senang di Surabaya mengunjungi taman-taman lokal. Ada Kenjeran Park dan Kebun Binatang Surabaya. Sebelum mampir ke Kebun Binatang, Plesirmania akan lebih dulu mengunjungi Kenjeran Park. Anda bisa pergi pada pukul 8 pagi lewat 15 menit dari penginapan.

Sebelum bergegas pergi ke Kenjeran Park, mulailah kegiatan liburan ini dengan sarapan pagi di penginapan atau di Sate Kelopo Ondomohen Bu Asih. Tempat makan ini adalah tempat makan terkenal di Surabaya yang menyajikan makanan sate dibalut kelapa. Plesirmania bisa menuju ke tempat makan tersebut pukul 7 pagi.

Setelah selesai menyantap sarapan, bersiaplah menuju Kenjeran Park. Jaraknya kurang lebih 8 km dari rumah makan tadi, sekitar 17 menit naik Suroboyo Bus. Jangan lupa untuk memesan tiket masuk wisatanya di tiketwisata.surabaya.go.id. Harga tiket per orang sebesar Rp. 10.000.

Kenjeran Park merupakan taman hiburan rakyat di mana taman tersebut menyuguhkan daya tarik pesisir pantai Kota Surabaya. Anda dapat memanfaatkan wahana hiburan yang ada. Beberapa spot instagrammable pun tersedia. Menariknya, patung Dewi Kuwan Im juga ada di sini, lho.

Selesainya Anda melakukan kegiatan di Kenpark sampai pukul 11 siang, lanjutkan dengan mengunjungi Kebun Binatang Surabaya. Perjalanan dari Kenpark ke KBS Surabaya memakan waktu 25 menit apabila tidak macet. Anda bisa berkendara melalui Kampus Unair ke arah Monumen Kapal Selam. Lurus saja ke arah Darmo, dan Anda akan sampai di KBS.

KBS adalah taman margasatwa seluas 15 hektar yang mempunyai ratusan spesies hewan di dalamnya. Anda bisa melihat ragam jenis hewan dan memotret tingkah laku mereka. Di tempat wisata ini juga terdapat wahana seru, yaitu wisata perahu, tunggang hewan, feeding animal, dan lain-lain.

Plesirmania dapat menghabiskan waktu di KBS sampai pukul 3 sore. Sesudah itu, untuk menutup rangkaian wisata hari kedua ini pergilah menuju Surabaya North Quay untuk melihat sunset dan view kapal-kapal bersandar.

Walaupun tempat wisata tersebut merupakan terminal bagi kapal berlabuh, publik dapat mengunjungi Surabaya North Quay untuk sekadar melihat pemandangan laut. Untuk masuk ke area ini cukup membayar sebesar Rp. 10.000. Bila Anda ingin makan malam di sini, mampirlah ke restonya karena tersedia fasilitas umum yang lengkap!

Pusat Oleh-Oleh Genteng dan Check Out Hotel
© freepik.com
3
Pusat Oleh-Oleh Genteng dan Check Out Hotel

Hari Ketiga

Rekomendasi kami

Karena kereta Anda tampaknya berangkat pada pukul 10.30 pagi, tim Plesir hanya akan merekomendasikan Plesirmania untuk pergi ke pusat oleh-oleh sebelum meninggalkan Surabaya di hari ketiga jalan-jalan. Lokasi toko oleh-olehnya berada di Jalan Genteng.

Anda akan menemukan deretan toko oleh-oleh berjejeran menawarkan makanan khas Surabaya. Terdapat aneka kue kering, sambal, hingga jajanan basah dibanderol dengan harga murah. Plesirmania bisa mengunjungi Jalan Genteng pukul 8 pagi.

Tenang, jarak dari penginapan ke pusat oleh-oleh Genteng hanya 5 menit saja. Jadi, tidak perlu terburu-buru. Diperkirakan selesai berbelanja suvenir adalah pukul 9 pagi. Anda bisa naik ojek online ke tempat tujuan dan kembali ke penginapan.

Sementara itu, jam 10 pagi adalah perkiraan waktu di mana Anda selesai berkemas dan check out hotel. Jadi, waktunya sangat pas jika keberangkatan kereta pukul 10.30 pagi. Karena jarak penginapan ke stasiun hanya 5 menit, Anda bisa santai berjalan kaki. Inilah akhir tour Surabaya Anda.

Tanya Jawab Seputar Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam

Setelah menyelesaikan bacaan sebelumnya, selesaikan pula deretan pertanyaan open trip Surabaya 3 hari 2 malam berikut!

Apa yang bagus di Surabaya?

Yang bagus di Surabaya antara lain Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Monumen Kapal Selam, dan lain sebagainya.

Sehari di Surabaya kemana saja?

Anda bisa mengunjungi berbagai macam objek wisata lokal seperti Monumen Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya, Kenjeran Park, dan Surabaya North Quay.

Kesimpulan: Itinerary Surabaya 3 Hari 2 Malam

Waktu begitu singkat, tak terasa tim Plesir sudah menjelaskan semua rangkaian itinerary Surabaya 3 hari 2 malam beserta penjelasan singkat kegiatannya. Rupanya, dalam tiga hari Anda bisa mengunjungi delapan tempat wisata populer di Surabaya dari Monumen Kapal Selam hingga Kenjeran Park.

Bagaimana pendapat Anda, sesuaikah tempat-tempat wisata di atas dengan ekspektasi Anda untuk dikunjungi bila mampir ke Kota Pahlawan ini selama tiga hari? Apabila iya, segera tuliskan dengan teliti contoh rencana perjalanan tadi di buku catatan travel Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo