Hide Menu

Beragam! Ternyata Fasilitas Kebun Binatang Surabaya Ada 10 Macam. Pelajari Bersama, Yuk!

Terdapat Sepuluh Fasilitas yang Tersedia di Dalam KBS untuk Menunjang Kegiatan Para Pengunjung, Apa Saja?

Artikel Fasilitas Kebun Binatang Surabaya ini diposting diperbarui
29 Pembaca
Like
Fasilitas Kebun Binatang Surabaya 2024
© freepik.com

Fungsi Fasilitas di Kebun Binatang Surabaya

Fungsi Fasilitas di Kebun Binatang Surabaya
freepik.com

Kebun Binatang Surabaya atau disingkat dengan nama KBS merupakan taman margasatwa yang berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dalam mengelola Kebun Binatang Surabaya, pihak terkait yaitu Pemerintah Daerah Taman Satwa memfasilitasi pengunjung dengan sejumlah fasilitas.

Beberapa fasilitas tersebut terdiri dari toko suvernir, tempat ibadah, media center, berbagai wahana, jogging track, dan lain-lain. Fungsi fasilitas-fasilitas ini adalah sebagai upaya mendukung pengunjung dalam melakukan aktivitas kunjungan mereka.

Selain itu, fungsi selanjutnya tentu saja untuk meningkatkan hubungan sosial antara satu pengunjung dengan pengunjung lain. Anda bisa bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang saat pergi ke sana. Plesirmania pun berkesempatan berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

Kemudian, untuk mengetahui semua fasilitas Kebun Binatang Surabaya apa saja, ikuti terus pembahasan lengkap terkait hal tersebut di artikel ini. Jangan ke mana-mana, lanjutkan membaca!

Lokasi Kebun Binatang Surabaya

Lokasi Kebun Binatang Surabaya
freepik.com

Bila Anda ingin mengunjungi wisata Kebun Binatang Surabaya esok, ingat-ingatlah lokasi taman satwa tersebut. Denah lokasi Kebun Binatang Surabaya terletak di Jalan Setail No. 1, Darmo, Kecamatan Wonokromo.

Alamat ini adalah alamat resmi di mana Surabaya Zoo berlokasi sejak dahulu kala, bahkan sebelum 2018. Jika Anda membuka map atau peta di ponsel canggih Anda, KBS berada persis di sebelah patung suro dan boyo.

Untuk Plesirmania yang masih bingung, sebenarnya kalau dari Stasiun Wonokromo, letak KBS cukup dekat. Anda hanya perlu berjalan 500 meter saja. Apalagi dari JPO, Surabaya Zoo sangat dekat. Jarak dari JPO ke KBS cuma beberapa meter saja.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang di Surabaya

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang di Surabaya
freepik.com

Sebelum berkeliling memutari area kebun binatang ini, perlu Anda cermati bahwa jam buka KBS mulai jam 8 pagi. Kemudian, jam tutupnya adalah jam 4 sore. Sementara itu, untuk harga tiket masuk Bonbin Surabaya saat ini adalah Rp. 15.000. Biaya beli tiket tersebut berlaku untuk satu orang saja.

Harga sebesar lima belas ribu rupiah berlaku bagi setiap anak yang memiliki tinggi badan di atas 85 cm. Di bawah 85 cm biayanya akan menjadi nol rupiah. Arti dari harga setara nol rupiah ialah gratis atau free.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

10 Fasilitas Kebun Binatang Surabaya - Terbaru 2024

Sesaat lagi Anda akan memahami beragam fasilitas yang ada di KBS Surabaya. Bersiaplah, dan simak penjelasan di bawah ini!

1
Tempat Ibadah

Letaknya Dekat dengan Arah Pintu Keluar

Tempat Ibadah

2
Toko Suvenir

Aneka Macam Cendera Mata Khas KBS

Toko Suvenir

3
Media Center

Pusat Informasi Terkait Kebun Binatang SBY

Media Center

4
Spot Foto Menarik

Bermacam-macam Tempat Foto dengan Tema yang Berbeda

Spot Foto Menarik

5
Berbagai Wahana

Sejumlah Wahana Bertemakan Edukasi dan Hiburan

Berbagai Wahana

6
Jogging Track

Trek Memutar Mengelilingi Beberapa Satwa Aves

Jogging Track

7
Food Court

Menyediakan Makanan dan Minuman Murah

Food Court

8
Toilet

Tersedia Beberapa Kamar Mandi

Toilet

9
Kursi Roda

Sebagai Fasilitas Bantuan Para Disabilitas

Kursi Roda

10
Tempat Parkir

Ada Dua Tempat Parkir, Muat Buat Bus Juga

Tempat Parkir

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Letaknya Dekat dengan Arah Pintu Keluar
© freepik.com
1
Letaknya Dekat dengan Arah Pintu Keluar

Tempat Ibadah

Karena mayoritas penduduk Indonesia (ID) termasuk Surabaya adalah pemeluk agama Islam, maka fasilitas seperti tempat ibadah adalah hal yang umum ada di sebuah taman hiburan. Pemerintah Daerah Taman Satwa memberikan keleluasaan kepada pengunjung untuk beribadah dengan dibangunnya fasilitas tempat ibadah seperti musala di dalam KBS.

Di musala KBS sudah dilengkapi dengan karpet untuk sajadah, pendingin ruangan, mimbar, tempat wudhu laki-laki dan perempuan yang terpisah, toilet, dan lain-lain. Pengunjung tak perlu khawatir mencari tempat ibadah di luar KBS karena di dalam Bonbin telah tersedia fasilitas tersebut.

Aneka Macam Cendera Mata Khas KBS
© freepik.com
2
Aneka Macam Cendera Mata Khas KBS

Toko Suvenir

Rekomendasi kami

Selain musala, KBS memanjakan pengunjung dengan fasilitas lain seperti souvenir shop atau toko suvenir di dalam area kebun binatang. Letaknya di dekat pintu masuk atau dekat area parkir depan sebelah pintu masuk utara.

Toko suvenir KBS menawarkan berbagai macam pernak-pernik kerajinan. Yang banyak dijual adalah boneka hewan yang terdiri dari ular, singa, buaya, gajah, monyet, pelikan, jerapah, rusa, zebra, dan sebagainya.

Anda juga dapat membeli topi, aneka magnet, gantungan kunci, mug, hingga baju anak-anak dan orang dewasa bertuliskan I Love KBS Surabaya. Untuk harganya bermacam-macam, harga jual mulai Rp. 10.000 saja.

Pusat Informasi Terkait Kebun Binatang SBY
© freepik.com
3
Pusat Informasi Terkait Kebun Binatang SBY

Media Center

Melansir dari halaman resmi jatim.antaranews.com, pada tahun 2020 ex Wali Kota Surabaya saat itu, Tri Rismaharini, meresmikan fasilitas baru di Bonbin Surabaya. Fasilitas yang dimaskud yakni media center. Bukan hanya media center yang diresmikan saat itu, ada pula jogging track.

Media center KBS berfungsi sebagai penyedia informasi tentang Kebun Binatang Surabaya dalam format teks bergambar dan layar touch screen. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk menemukan informasi di sekitar KBS.

Bermacam-macam Tempat Foto dengan Tema yang Berbeda
© freepik.com
4
Bermacam-macam Tempat Foto dengan Tema yang Berbeda

Spot Foto Menarik

Fasilitas berikutnya yang selalu menjadi pusat perhatian bagi pengunjung yang datang ke Bonbin adalah spot foto. Terdapat beberapa spot foto menarik di sini, antara lain patung suro dan boyo, Mata Air Cinta, Taman Cinta, dan Taman Selfie.

Meskipun patung suro dan boyo berada di luar KBS, pengunjung merasa bila ke KBS tidak akan lengkap tanpa berfoto di depan spot foto patung tersebut. Sementara Mata Air Cinta ialah tempat berfoto dengan tema bunga mawar berbentuk air terjun yang mengalir.

Kemudian ada Taman Cinta, tempat di mana Anda bisa berfoto dengan latar belakang jembatan dihiasi pohon sakura berwarna pink. Spot foto terakhir ada Taman Selfie. Anda dan keluarga dapat berswafoto di bawah gapura bertuliskan logo “Taman Selfie.”

Sejumlah Wahana Bertemakan Edukasi dan Hiburan
© freepik.com
5
Sejumlah Wahana Bertemakan Edukasi dan Hiburan

Berbagai Wahana

Mengunjungi Surabaya Zoo bersama si kecil tak perlu khawatir kehabisan ide beraktivitas karena di KBS terdapat sejumlah wahana seru yang patut Anda coba. Dalam penelitiannya, Bagus S (2014) mengatakan Kebun Binatang Surabaya mempunyai strategi menciptakan taman hiburan dengan adanya wahana pendukung untuk menciptakan suatu taman satwa yang memiliki nilai edukasi dan digemari oleh masyarakat. Daftar wahana tersebut antara lain:

  • Aquanoctudio  Park

Sebuah wahana untuk melihat koleksi ikan air tawar, air laut, reptil, serta koleksi diorama dan nocturama di aquarium.

  • Animal Story

Pengunjung bisa belajar tentang film animasi atau anime 3D.

  • Animal Edutainment

Plesirmania dapat menyaksikan acara pentas edukasi berbagai macam satwa.

  • Kids Zoo

Tempat di mana pengunjung khususnya anak-anak dapat menyentuh satwa jinak sekaligus mengenal satwa lebih dekat.

  • Feeding Satwa

Anda beserta keluarga diperbolehkan untuk merasakan sensasi memberi makan hewan rusa dan jerapah secara langsung.

  • Tunggang Onta dan Gajah

Salah satu wahana yang memperbolehkan pengunjungnya menunggangi Onta dan Gajah berkeliling area tunggang. Khusus Tunggang Gajah, Anda bisa mencoba berfoto bersama.

  • Foto Bersama Satwa

Bagi Anda yang doyan foto bersama binatang, manfaatkan wahana yang satu ini. KBS membuka kesempatan kepada pengunjung untuk berfoto bersama koleksi aves (burung) dan reptil.

  • Wisata Perahu

Satu lagi wahana seru milik KBS, yaitu berkeliling Pulau Bekantan naik perahu. Dalam satu perahu muat sekitar dua puluh orang.

  • Kolam Renang

Tidak hanya melihat satwa, Plesirmania juga bisa berenang di KBS. Ada sebuah kolam renang buatan di dalamnya. Plesirmania bisa bermain air sepuasnya.

Bagi Anda yang berminat mencoba wahana-wahana di atas, tim Plesir sarankan agar membawa uang lebih karena ada HTM (harga tiket masuk) di setiap wahana.

Trek Memutar Mengelilingi Beberapa Satwa Aves
© freepik.com
6
Trek Memutar Mengelilingi Beberapa Satwa Aves

Jogging Track

Seperti tim Plesir katakan sebelumnya saat meresmikan media center, ada satu lagi fasilitas baru yang sama-sama diresmikan. Fasilitas tersebut ialah jogging track. Trek ini dibangun sepanjang 250 meter yang dilukis dengan gambar ikan koi dan teratai.

Pengunjung dapat menikmati track tersebut untuk berolahraga di pagi hari sambil melihat tingkah pola lucu satwa. Saat Anda jogging di jalur ini, Plesirmania dapat melihat siamang, burung pelikan, manugaga, burung kepodang, angsa, dan Burung bilbong.

Menyediakan Makanan dan Minuman Murah
© freepik.com
7
Menyediakan Makanan dan Minuman Murah

Food Court

Rekomendasi kami

Lupa membawa makanan saat mengunjungi Surabaya Zoo? Jangan khawatir! Di dalam area taman margasatwa ini terdapat fasilitas food court atau pujasera. Anda juga bisa bersantai sejenak setelah lelah mengelilingi Bonbin Surabaya di tempat duduk yang tersedia.

Berbagai makanan ringan dan minuman dijual murah. Harganya mulai dari 5 ribu rupiah saja. Aneka jajanan untuk anak-anak dalam kemasan menarik pun tersedia. Bagi yang tertarik mencoba, silakan membelinya.

Tersedia Beberapa Kamar Mandi
© freepik.com
8
Tersedia Beberapa Kamar Mandi

Toilet

Fasilitas umum namun wajib tersedia di KBS adalah toilet atau kamar mandi. Beruntungnya, terdapat beberapa toilet menyebar di area-area strategis. Toilet KBS telah dilengkapi kran air bersih, ember, dan gayung. Memudahkan Anda buang air besar dan kecil.

Sebenarnya kalau setelah menggunakan toilet bersama tidak perlu membayar, namun untuk membantu meningkatkan kebersihan biasanya ada kotak pengisian uang retribusi. Nominal yang perlu Anda bayar umumnya cukup 2 ribu rupiah.

Sebagai Fasilitas Bantuan Para Disabilitas
© freepik.com
9
Sebagai Fasilitas Bantuan Para Disabilitas

Kursi Roda

Rekomendasi kami

Selain fasilitas-fasilitas umum di atas, KBS juga menyediakan kursi roda sebagai salah satu fasilitas untuk membantu para disabilitas dan orang sakit menikmati taman satwa tersebut dan membantu meningkatkan kenyamanan saat berkunjung.

Namun, saat ini pihak KBS menyediakan kursi roda dalam jumlah terbatas. Mengingat belum adanya tambahan dari pemerintah daerah terkait hal ini. Jika butuh, Anda bisa menanyakan peminjaman kursi roda tersebut kepada petugas setempat.

Ada Dua Tempat Parkir, Muat Buat Bus Juga
© freepik.com
10
Ada Dua Tempat Parkir, Muat Buat Bus Juga

Tempat Parkir

Beruntung sekali apabila Anda dan keluarga berkesempatan mengunjungi Surabaya Zoo menggunakan bus. Sebab, KBS menyediakan dua area parkir yang luas. Lokasi parkir pertama berada di dalam KBS dan di sebelah pintu masuk utara.

Yang kedua terletak di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ). Anda bisa memarkirkan bus atau kendaraan besar lainnya di sini. Letak parkir kedua ini lumayan jauh dari pintu masuk utara. Namun, Anda bisa masuk dari pintu masuk selatan yang berada di depan TIJ pas.

Tanya Jawab Seputar Fasilitas Kebun Binatang Surabaya

Lanjutkan pembahasan fasilitas Kebun Binatang Wonokromo ini dengan membaca empat pertanyaan yang ada di kolom bawah. Yuk, baca segera!

Bolehkah membawa makanan ke Kebun Binatang Surabaya?

Ya, Anda boleh membawa makanan ke dalam KBS. Akan tetapi, pastikan setelah makan buang sampah sisa makanan pada tempatnya.

Di KBS apa ada kolam renangnya?

Ya, ada. KBS mempunyai wahana kolam renang di dalam area wisatanya.

Wahana apa saja di KBS Surabaya?

Ada wahana animal edutainment, tunggang onta, tunggang gajah, feeding satwa, animal story, kolam renang, kids zoo, dan lain-lain.

Berapa tiket ke Kebun Binatang Surabaya?

Harga tiket masuk KBS SBY adalah Rp. 15 ribu per orang, kecuali anak-anak di bawah 85 cm tidak perlu membayar.

Kesimpulan: Fasilitas Kebun Binatang Surabaya

Total fasilitas di Kebun Binatang Surabaya ada 10 macam. Ada tempat ibadah, toko suvenir, spot foto menarik, media center, sejumlah wahana, food court, jogging track, kursi roda, dan tempat parkir. Sekarang Anda mengetahuinya bahwa KBS mempunyai banyak fasilitas umum untuk para pengunjung tercinta.

Jadi, tak perlu takut Anda kekurangan fasilitas saat berkunjung ke sana. Justru Plesirmania bisa mengedukasi diri sendiri dan keluarga akan satwa menarik. Ayo kunjungi taman margasatwa tersebut, mulai berlajar sambil bermain bersama keluarga Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo