Hide Menu

Hanya Perlu 3 Langkah, Inilah Cara Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung. Gak Buat Bingung!

Mulai dengan Pesan Tiket Kereta Secara Daring, Lalu Lanjutkan Tahapan Seperti yang Ada di Sini!

Artikel Cara Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung ini diposting diperbarui
52 Pembaca
Like
Cara Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung 2024
© freepik.com

Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung di Mana?

Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung di Mana?
freepik.com

Sudah sejak lama kereta api lokal jurusan Bekasi-Bandung tersedia untuk menghubungkan para penumpang ke kedua wilayah. Lantas, bagi mereka yang ingin naik kereta tersebut bisa naik dari stasiun mana?

Tepat sekali! Di mana lagi kalau bukan di Stasiun Bekasi (BKS). Alamatnya di Jalan Marga Mulya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Selain di Stasiun Bekasi, Anda juga bisa naik dari Stasiun Cikarang di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Cikarang Utara, Jawa Barat.

Diketahui dahulunya hanya KA Argo Parahyangan yang dapat mengangkut penumpang dari Bekasi ke Bandung. Namun, seiring dengan banyaknya calon penumpang yang ingin pergi ke Kota Kembang, kini sudah ada kereta lain.

Di antaranya ada KA Serayu, KA Papandayan 7048, KA Cikuray, dan KA Pangandaran 7028A yang bisa mengantarkan Anda ke beberapa daerah di Bandung. Sementara ini hanya ada dua tempat yang bisa Anda tuju bila ingin ke Bandung naik kereta, yaitu Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang.

Untuk mengetahui bagaimana cara naik kereta dari Bekasi ke Bandung, ikuti kelanjutan informasinya sebentar lagi. Jangan ke mana-mana, terus baca artikel di Plesir ini sampai akhir. Ayo lanjutkan!

Rute Perjalanan Kereta Bekasi-Bandung

Rute Perjalanan Kereta Bekasi-Bandung
freepik.com

Dalam penelitiannya, Subhan A et al (2017) mengatakan bahwa Bekasi adalah salah satu kota di dekat Jakarta yang menjadi pilihan para migran sebagai tempat tinggal. Sebabnya ialah karena adanya pemukiman yang layak, nyaman, tersedia sarana dan prasarana pemukiman yang memadai, serta perkembangan transportasi yang menghubungkan kota Bekasi dengan Jakarta.

Contoh transportasi tersebut adalah kereta api. Bekasi sendiri menyediakan transum kereta dalam rute pendek seperti kereta api KRL atau commuter line yang melayani tujuan Jakarta, Cikampek, dan Purwakarta. Dengan transum tersebut, Anda bisa melewati Cibitung, Karawang, Kosambi, dan Cimahi.

Untuk rute panjangnya, kereta lain ada yang melayani tujuan Bandung, Cirebon, dan Tegal. Di sisi lain, jika Anda ingin ke Bandung, ada juga kereta cepat seperti LRT atau MRT yang dapat mengantarkan Anda. Namun, Plesirmania harus pergi ke Jakarta terlebih dulu.

Daftar Jadwal Kereta Bekasi-Bandung

Daftar Jadwal Kereta Bekasi-Bandung
freepik.com

Berikut adalah jadwal Bekasi Bandung kereta. Untuk Anda yang ingin mengecek jadwal keberangkatan kereta tersebut sebelum ke Kota Kembang, silakan lihat pada kolom tabel di bawah!

Nama KAWaktu Keberangkatan dan Waktu TibaRute
Serayu 252
  • 10.12-13.18
  • 10.12-12.43 
  • Cikarang-Kiaracondong
  • Cikarang-Cimahi
Serayu 252
  • 09.51-13.81
  • 09.51-12.43
  • Bekasi-Kiaracondong
  • Bekasi-Cimahi
Cikuray 268
  • 18.26-20.07
  • 18.26-20.39
  • 18.26-20.52
  • Cikarang-Kiaracondong
  • Cikarang-Cimahi
  • Cikarang-Bandung
Cikuray 268
  • 18.08-21.07
  • 18.08-20.39
  • 18.08-2052
  • Bekasi-Kiaracondong
  • Bekasi-Cimahi
  • Bekasi-Bandung
Argo Parahyangan
  • 05.37-08.39
  • 09.17-12.01
  • Bekasi-Bandung

Berapa Harga Kereta Bekasi Bandung?

Berapa Harga Kereta Bekasi Bandung?
freepik.com

Harga tiket kereta jurusan Bekasi-Bandung bervariasi. Mulai dari Rp. 45.000 sampai dengan Rp. 250.000. Khusus tiket dengan harga 45 ribu rupiah berlaku untuk KA Cikuray. Sementara itu, tiket kereta dengan harga Rp. 63.000 diperuntukkan kepada KA Serayu.

Untuk KA Argo Parahyangan biaya tiketnya tidak di kisaran puluhan ribu melainkan mulai dari 100 ribu rupiah. Ada pula yang biayanya Rp. 140.000 dan Rp. 250.000. Dibedakan oleh kelas ekonomi, ekonomi premium, eksekutif, dan eksekutif prioritas.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung - Terbaru 2024

Akhirnya tiba juga pada bagian cara naik kereta ke Bandung dari Bekasi. Beruntungnya, tim Plesir telah merangkum cara naik kereta dari Bekasi ke Bandung yang sangat simpel. Kalau tidak ingin ketinggalan kereta, jangan berdiam diri seperti patung. Tanpa menunggu lama lagi, mari telaah kolom di bawah bersama!

1
Pesan Tiket Online

Bisa Book dari Rumah, Gampang Banget!

Pesan Tiket Online

2
Datang ke Stasiun Bekasi

Usahakan Datang Tepat Waktu

Datang ke Stasiun Bekasi

3
Masuk ke dalam Kereta

Naik Kereta dengan Bergantian

Masuk ke dalam Kereta

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bisa Book dari Rumah, Gampang Banget!
© freepik.com
1
Bisa Book dari Rumah, Gampang Banget!

Pesan Tiket Online

Rekomendasi kami

Plesirmania yang jadi penggemar kereta pasti sudah tahu bahwa membeli tiket kereta api tidak bisa lagi dipesan langsung, melainkan lewat daring atau online. Dengan demikian, pesan tiket hanya bisa dilakukan melalui gadget Anda.

Plesirmania bisa memesan tiketnya dari aplikasi KAI Access atau melalui online travel agent seperti Traveloka atau Tiket.com. Lalu, log in terlebih dulu jika ingin mulai memesan dan lanjutkan memasukkan kota asal, kota tujuan, tanggal, dan seterusnya. Kemudian, pilih kereta ekonomi yang murah dan pilihlah kursi yang diinginkan.

Lanjutkan dengan mengisi biodata berdasarkan kartu identitas yang berlaku serta melakukan pembayaran setelahnya. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan diberikan e-ticket. Pastikan dalam memesan tiket online koneksi internet Anda stabil agar lancar saat melakukan pemesanan.

Apabila sudah berhasil melakukan pemesanan, jangan lupa membayar tiket agar booking Plesirmania berhasil. Jika tidak dibayar maka percuma saja. Maka dari itu, jangan sampai lupa menyelesaikan pembayaran agar tiket siap sedia Anda gunakan. 

Usahakan Datang Tepat Waktu
© freepik.com
2
Usahakan Datang Tepat Waktu

Datang ke Stasiun Bekasi

Bagi Plesirmania yang bingung harus naik apa ke Stasiun Bekasi, coba naik angkot dengan nomor seri K01, K02, K04, K09B, serta K09P. Lalu, usahakan datang tepat waktu maksimal 1 jam sebelum keberangkatan agar mudah saat check in.

Anda bisa check in di counter check in yang tersedia di sebelah pintu masuk keberangkatan. Setelah boarding pass tercetak, Plesirmania bisa menunggu di dalam stasiun dengan tertib sampai kereta datang.

Naik Kereta dengan Bergantian
© freepik.com
3
Naik Kereta dengan Bergantian

Masuk ke dalam Kereta

Rekomendasi kami

Saat kereta Anda datang, naiklah ke gerbong secara bergantian. Biarkan penumpang yang datang untuk turun terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa naik sesuai antrian dan mencari kursi sesuai dengan nomor kursi yang tertera di boarding pass milik sendiri.

Perlu Anda ingat supaya tidak menempati kursi orang lain walaupun tidak ada penumpang karena hal itu akan membuat penumpang yang memiliki kursi tersebut merasa bingung. Lalu, Plesirmania bisa langsung duduk di kursi sesuai tiket.

Selama perjalanan berlangsung, Anda bisa menghabiskan waktu dengan memakan camilan, melihat pemandangan di luar jendela, berbincang dengan penumpang di sebelah kursi atau membaca buku. Dalam waktu 3 jam lewat beberapa menit, Anda akan sampai di stasiun tujuan!

Tanya Jawab Seputar Cara Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung

Informasi berikutnya yang tak kalah informatif yaitu pertanyaan-pertanyaan seputar kereta ke Bandung dari Bekasi. Silakan menyimak!

Berapa jam kereta cepat Bekasi Bandung?

Saat ini belum ada kereta cepat yang menghubungkan Bekasi-Bandung. Yang ada hanyalah kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dari Jakarta ke Bandung naik kereta api turun di stasiun apa?

Anda bisa turun di Stasiun Bandung setelah naik kereta api Bekasi Bandung.

Apakah di Bekasi ada stasiun kereta api?

Ya, ada. Nama stasiunnya adalah Stasiun Bekasi.

Berapa jarak dari Bekasi ke Bandung?

Jarak dari Bekasi ke Bandung sekitar 137 km yang dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 2 jam 21 menit.

Bekasi ke Bogor naik apa?

Naik kereta KRL di Cikarang.

Kesimpulan: Cara Naik Kereta dari Bekasi ke Bandung

Cukup dengan tiga cara, Plesirmania sudah bisa naik kereta dari Bekasi ke Bandung. Caranya yaitu pesan tiket secara daring, datang ke stasiun di hari keberangkatan tepat waktu, dan naik ke dalam kereta dengan tertib. Mudah bukan, Plesirmania?

Ingat selalu untuk memesan tiket yang murah harganya biar hemat pengeluaran ala backpacker yang sering bawa backpack ke mana-mana. Pesan dengan menekan tombol biru melalui penjelasan di atas juga bisa. Kalau bisa dapat promo justru bisa-bisa harganya jadi gratis. Maka dari itu, ayo segera lakukan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo