Hide Menu

Gak Paham Check In Tiket di Gate Berapa? Perhatikan 2 Cara Melihat Gate di Tiket Pesawat!

Lihat di Boading Pass dan Layar Monitor, Penjelasan Lengkapnya Ada Semua di Sini. Cek Segera!

Artikel Cara Melihat Gate di Tiket Pesawat ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Cara Melihat Gate di Tiket Pesawat 2024
© freepik.com

Apa Itu Gate dalam Pesawat?

Apa Itu Gate dalam Pesawat?
istockphoto.com/MikkoHyvarinen

Gate, dalam bahasa Inggris memiliki arti pintu gerbang. Gate sendiri merupakan bagian dari sebuah bandara. Sehingga, gate dalam pesawat ini adalah sebuah gerbang dengan nomor tertentu yang menjadi pintu di mana Anda akan naik ke penerbangan yang dituju. 

Istilah pintu gerbang tersebut merujuk pada bagian dalam terminal bandara untuk memindahkan penumpang dan awak maskapai penerbangan ke dalam pesawat terbang. Letak dari gate umumnya di dekat denah gedung terminal bandara dan di pintu keluar waiting room menuju jembatan ke pintu masuk pesawat.

Dapat dikatakan bahwa semakin besar sebuah bandara udara, semakin banyak pula jumlah gate tersebut. Di Bandara Soekarno Hatta misalnya, terdapat 73 gate. Angka ini terbilang banyak untuk jumlah pintu gerbang di sebuah bandara.

Sampai sini, apakah jelas pengertian sebuah gate dalam pesawat? Apabila paham, sekarang saatnya beralih ke cara melihat gate di tiket pesawat. Sebab tidak banyak penduduk Indonesia yang tahu tentang hal tersebut. Maka dari itu, mari menguliknya bersama. Setuju, Plesirmania? Ayo, lanjutkan!

Ada Informasi Apa Saja di Tiket Pesawat?

Ada Informasi Apa Saja di Tiket Pesawat?
istockphoto.com/ChardayPenn

Sudah menjadi hal umum bahwa di sebuah tiket terdapat informasi penting untuk mengetahui perihal keberangkatan seorang penumpang, baik menggunakan bus, kereta, maupun pesawat. Setiap tiket kendaraan yang Anda gunakan pasti menyimpan sejumlah informasi.

Lalu, ada info apa saja di dalam sebuah tiket pesawat? Berikut penjelasannya. 

1. Booking Code

Booking code, dalam bahasa Indonesianya adalah kode booking merupakan sebuah kode konfirmasi atau bukti kode reservasi pemesanan. Kode ini biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka, contohnya BP23FF.

2. Waktu dan Tempat Tiket Terbit

Merupakan informasi terkait perhitungan tarif yang telah ditetapkan.

3. Nama Penumpang

Yaitu nama dari orang yang akan berangkat menggunakan pesawat. Nama ini sesuai dengan nama yang tertera di KTP atau passport Anda.

4. Flight Number

Merupakan nomor penerbangan yang terdiri dari 2 huruf kode maskapai dan 2-4 digit angka sesuai penerbangan yang Anda naiki, contohnya SQ123.

5. Tujuan Penerbangan

Informasi ini berhubungan dengan ke mana Anda akan pergi dan dari mana Anda pergi. Dijelaskan pula tujuan perjalanan dengan istilah pulang pergi atau hanya pergi atau pulang saja. Contoh kode tujuan penerbangan adalah CGK – DPS.

6. Tanggal dan Jam Berangkat

Menunjukkan kapan pesawat yang akan Plesirmania tumpangi hendak terbang dan kapan akan mendarat.

7. Nomor Tiket

Terdiri dari 14 digit angka di mana 3 angka pertama adalah kode maskapai penerbangan pilihan Anda. Contonya seperti Garuda 126.

Fungsi Tiket Pesawat

Fungsi Tiket Pesawat
istockphoto.com/wundervisuals

Airfare atau biasanya disebut tiket pesawat merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh maskapai penerbangan atau agen perjalanan. Dokumen tersebut sebagai bukti bahwa Anda telah membeli kursi penerbangan.

Airfare nantinya akan digunakan untuk mendapatkan pass naik di bandara. Dengan pass itulah, penumpang diperbolehkan naik ke dalam pesawat. Lantas, fungsi dari tiket pesawat itu apa? Berikut penjelasannya:

  • Sebagai salah satu dokumen perjalanan atau pelengkap kebutuhan dalam perjalanan udara.
  • Sebagai bukti pembayaran, karena pada tiket tercantum nominal uang dan cara pembayaran yang harus penumpang lakukan.
  • Untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas angkutan udara. Sebab, hanya penumpang yang tercantum namanya saja di tiket pesawat yang akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas tersebut.
E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara Melihat Gate di Tiket Pesawat - Terbaru 2024

Pengertian gate menurut Akbar B dan Ervina A (2018) adalah sebagai akses untuk proses pemindahan penumpang dari terminal menuju ke sisi udara bandara. Oleh karena itu, penting mengetahui berapa nomor gate milik Anda di tiket pesawat dengan cara seperti berikut:

1
Cek Nomor Gate Pesawat di Boarding Pass

Tidak Perlu Tanya Petugas, Langsung Baca di Tiket Pesawatnya

Cek Nomor Gate Pesawat di Boarding Pass

2
Lihat Nomor Gate di Layar Monitor Informasi Bandara

Letak Nomor Gate di Sebelah Kolom Destinasi

Lihat Nomor Gate di Layar Monitor Informasi Bandara

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tidak Perlu Tanya Petugas, Langsung Baca di Tiket Pesawatnya
© istockphoto.com/alexsl
1
Tidak Perlu Tanya Petugas, Langsung Baca di Tiket Pesawatnya

Cek Nomor Gate Pesawat di Boarding Pass

Rekomendasi kami

Cara pertama kali untuk melihat nomor gate adalah dengan melihatnya di cetak boading pass. Namun, Plesirmania harus check in terlebih dahulu. Proses check in mandiri bisa Anda lakukan di loket ticketing and reservation di bandara dan online di situs web layanan penyedia tiket pesawat, seperti Traveloka dan Tiket dot com.

Perlu diingat bahwa check in online ini hanya proses sementara. Anda harus check in lagi di loket bandara untuk memastikan Anda mendapatkan boarding pass yang benar dan sungguh-sungguh akan ikut penerbangan.

Lebih lanjut, nomor gate akan Anda temukan di sebelah nomor kursi, nomor penerbangan atau waktu penerbangan. Perlu diingat bahwa setiap maskapai menerapkan peletakan nomor gate berbeda-beda. Akan tetapi, tetap mudah melihatnya karena tulisan “GATE” tertulis jelas di boarding pass.

Letak Nomor Gate di Sebelah Kolom Destinasi
© istockphoto.com/jjlim80
2
Letak Nomor Gate di Sebelah Kolom Destinasi

Lihat Nomor Gate di Layar Monitor Informasi Bandara

Rekomendasi kami

Apabila Anda takut salah membaca nomor gate di boarding pass, maka Plesirmania wajib pergi ke bandara. Satu-satunya cara lain yang dapat menunjukkan nomor gate Anda adalah layar monitor informasi penerbangan di bandara.

Dalam istilahnya, layar monitor berukuran besar ini disebut Flight Information Display System atau FIDS. Layar tersebut menampilkan informasi real time berupa keterlambatan dan perubahan jadwal penerbangan. Berikut adalah rincian informasi yang tertera pada perangkat layar tersebut:

Informasi Keberangkatan (Departure) di Layar FIDSInformasi Kedatangan (Arrivals) di Layar FIDS
  • Penerbangan
  • Tipe Pesawat
  • Tipe Penerbangan
  • Registrasi
  • Destinasi
  • Slot Waktu
  • Waktu Terjadwal untuk Pemberangkatan
  • Penerbangan
  • Tipe Pesawat
  • Tipe Penerbangan
  • Registrasi
  • Asal
  • Waktu Terjadwal Kedatangan
  • Waktu Perkiraan untuk Pemberangkatan
  • Block Off
  • Take Off
  • Status Penerbangan
  • Stand
  • Check in Desk
  • Gate (Gerbang)
  • Estimasi Waktu Kedatangan
  • Landing
  • Block On
  • Status Penerbangan
  • Baggage Belt
  • Stand

Dari rincian informasi di layar FIDS di atas, Anda bisa melihat tata letak nomor gate di sebelah tulisan “Destination” atau destinasi. Gampang ‘kan cara melihat nomor gate?

Tanya Jawab Seputar Cara Melihat Gate di Tiket Pesawat

Yang tak kalah seru dari memperhatikan cara melihat gate di tiket pesawat adalah menyimak beberapa pertanyaan terkait tiket pesawat dan check-in di bandara. Berikut daftarnya:

Apa bedanya tiket dan boarding pass?

Tiket merupakan dokumen yang Anda dapatkan setelah membeli kursi. Biasanya berisi kode booking pesawat. Sedangkan boarding pass adalah bukti check in untuk siap terbang. Umumnya terdiri dari nama, tujuan keberangkatan, waktu, dan nomor tempat duduk.

Bagaimana cara membaca tiket pesawat?

Inilah cara baca tiket pesawat:

  1. Booking code atau kode booking terdiri dari kombinasi huruf dan angka merupakan bukti kode reservasi. Contoh: BP67IX.
  2. Waktu dan tempat tiket terbit.
  3. Nama penumpang.
  4. Flight number atau nomor penerbangan terdiri dari 2 huruf kode maskapai dan 2 sampai 4 digit angka sesuai penerbangan. Contoh: SQ456.
  5. Tujuan penerbangan ditulis pulang pergi atau hanya pergi atau pulang saja. Kode tujuan penerbangan, antara lain CGK dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).
  6. Tanggal dan jam berangkat.
  7. Nomor tiket terdiri dari 14 digit angka dengan tiga angka pertama adalah kode maskapai. Contoh: Garuda 126.

Bagaimana cara melihat tempat duduk di pesawat?

Anda bisa melihat kode pada boarding pass pesawat. Nomor kursi ini biasanya ditandai dengan kode 2 digit angka beserta huruf kapital. Contoh kode tersebut adalah Seat 17 A atau Seat 13 A.

Bagaimana cara boarding tiket pesawat?

Alur check in pesawat adalah Anda harus datang minimal 2 sampai 3 jam sebelum boarding pesawat. Kemudian, boarding akan dimulai sekitar 45 menit sebelum batas waktu keberangkatan. Jadi, pastikan Anda tidak telat sampai di bandara.

Berapa berat maksimal bagasi kabin?

Maksimal berat bagasi kabin pesawat adalah 7 kg. Jumlah ini merupakan berat maksimal barang bawaan Anda yang boleh masuk di dalam bagasi kabin.

Apa yang dimaksud transit pesawat?

Artinya adalah berhentinya pesawat di suatu bandar udara untuk sementara waktu dengan berbagai tujuan, seperti mengisi bahan bakar, mengangkut barang, mengangkut penumpang, dan lain-lain.

Kesimpulan: Cara Melihat Gate di Tiket Pesawat

Membaca penjelasan sebelumnya dapat tim Plesir, dapat disimpulkan bahwa cara mengetahui nomor gate pesawat bisa dari boarding pass dan melihat di layar FIDS. Kedua cara ini merupakan cara paling gampang untuk melihat nomor gate tiket pesawat Anda.

Mulai sekarang, jangan sampai keliru lagi karena sangat penting untuk tahu nomor gate keberangkatan pesawat Anda. Konsekuensi dari ketidaktahuan tersebut bisa menyebabkan ketinggalan pesawat, lho. Lebih buruknya lagi,  bisa jadi Anda telat dan tiket pesawat jadi hangus! Maka, cek kembali rangkuman tim Plesir ini supaya tidak ketinggalan pesawat, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo