Hide Menu

Apa Saja 2 Cara ke Pulau Bintan dari Medan? Temukan Metode Paling Efektif di Sini!

Naik Pesawat dan Kapal adalah Dua Cara yang Dapat Dipakai Menuju Pulau Bintan dari Medan

Artikel Cara ke Pulau Bintan dari Medan ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Cara ke Pulau Bintan dari Medan 2024
© freepik.com

Medan ke Pulau Bintan Apakah Jauh?

Medan ke Pulau Bintan Apakah Jauh?
freepik.com

Pulau Bintan rupanya terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Kepri. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Natuna, Kabupaten Lingga, Kota Tanjung Pinang, dan Kota Batam. Wilayah inilah yang paling dekat dengan Pulau Bintan.

Sementara Medan berada jauh di Pulau Sumatera Utara. Ini menunjukkan bahwa jarak kedua wilayah sangat jauh, sekitar 807 kilometer. Jika ingin mendatangi Bintan dari Medan, Anda harus menempuh jarak tersebut dalam waktu 1 hari lebih.

Berbanding terbalik ketika Plesirmania melihat Medan dan Pulau Bintan dalam gambar peta. Seperti cukup dekat jarak antara keduanya, bukan? Namun, kenyataannya tidak demikian.

Lalu, apabila Anda ingin pergi mengunjungi salah satu, bagaimana cara ke Pulau Bintan dari Medan yang tepat? Plesirmania dapat memantau terus penjelasan dalam artikel berikut sampai tuntas. Anda pasti akan menemukan jawabannya. Siap? Ayo mulai baca!

Paket Tour 3D2N Pulau Bintan

Paket Tour 3D2N Pulau Bintan
freepik.com

Menurut Ida R dan Imam O (2024), Pulau Bintan adalah salah satu destinasi yang berpotensi sebagai alternatif bagi penikmat wisata alam. Hal ini memunculkan keinginan wisatawan luar daerah bahkan luar negeri untuk mengunjungi Pulau Bintan.

Apabila Plesirmania punya waktu travel to Bintan, agendakan perjalanan 3 hari 2 malam mengunjungi beberapa objek wisata yang tersedia, seperti:

JadwalObjek Wisata
Hari pertama
  • Pulau Penyengat dan Senggarang
  • 500 Lohan Patung Budha
  • Pantai Trikora
  • Bintan Indah Mall
Hari Kedua
  • Patung Penyu
  • Gurun Pasir Bintan
  • Lagoi Beach
  • Treasure Bay
Hari Ketiga
  • Air Terjun Bintan
  • Toko oleh-oleh

Dari daftar di atas, Plesirmania bisa mulai perjalanan wisata dengan menyeberang ke Pulau Penyengat naik perahu tradisional bernama pompong. Anda bisa melihat patung, budaya, dan alam daerah setempat.

Setelah itu, mampirlah untuk menyaksikan patung Budha berjumlah ratusan dan kembali ke Pulau Bintan untuk menuju Pantai Trikora menikmati sunset. Jangan lupa mampir sebentar ke Bintan Indah Mall sambil cari makan malam.

Di hari kedua, persiapkan diri Anda mengujungi Patung Penyu sekitar daerah Sebong Pereh. Berfoto sebentar mengabadikan patung khas Bintan, lalu lanjutkan perjalanan ke Gurun Pasir Bintan. Ini adalah spot menarik layaknya gurun pasir di Mesir. Abadikan swafoto terbaik Anda!

Kemudian, mampirlah ke Lagoi Beach dan Treasure Bay. Dua wisata air ini adalah ikon dari Pulau Bintan. Tahukah Anda bahwa Treasure Bay merupakan kolam renang buatan terbesar se-Asia Tenggara? Nah, jangan sampai gak mampir ke sini!

Karena hari terakhir hanya akan menghabiskan waktu setengah hari, maka destinasinya nanti hanya mengunjungi Air Terjun Bintan dan pergi ke toko oleh-oleh terdekat untuk membeli suvenir. Itu dia rangkuman bepergian ke Pulau Bintan 3D2N. 

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara ke Pulau Bintan dari Medan - Terbaru 2024

Selanjutnya, mari menelaah bersama setiap cara menuju Pulau Bintan dari Medan. Anda boleh menyiapkan catatan atau screen shot artikel ini. Yuk, lanjutkan!

1
Naik Kapal Laut

Harus Transit Dulu di Pelabuhan Karimunbesar

Naik Kapal Laut

2
Naik Pesawat Terbang

Gak Butuh Waktu Lama, Paling Cepat Sampai!

Naik Pesawat Terbang

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Harus Transit Dulu di Pelabuhan Karimunbesar
© freepik.com
1
Harus Transit Dulu di Pelabuhan Karimunbesar

Naik Kapal Laut

Rekomendasi kami

Cara pertama yaitu naik kapal. Plesirmania bisa naik kapal dari Pelabuhan Belawan menuju Pelabuhan Sekupang Pulau Batam. Karena rute kapal tidak bisa langsung menuju Pulau Bintan, maka Plesirmania harus transit lebih dulu di Pulau Batam.

Kapal laut yang menyediakan rute keberangkatan Medan-Batam yakni KM Kelud. Transportasi ini akan mengantarkan Anda melalui Pulau Karimunbesar dan bersandar sebentar di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

KM Kelud sendiri menawarkan beberapa kelas untuk penumpangnya, yakni kelas 1A, 1B, 2A, dan 2B. Masing-masing dilengkapi dengan tempat tidur. Sementara untuk kelas ekonomi tanpa tempat tidur. Dengan perbedaan ini, harga setiap kelas juga berbeda mulai dari 292 ribu rupiah.

Lalu, setelah sampai di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Pulau Karimunbesar, perjalanan Anda akan berlanjut menuju Pelabuhan Sekupang Pulau Batam. Dari Pelabuhan Sekupang, Plesirmania bisa naik ojek online menuju Pelabuhan Telaga Punggur Batam.

Kemudian, dari Pelabuhan Telaga Punggur, lanjutkan naik kapal ferry menuju Pelabuhan Tanjung Pinang. Plesirmania juga bisa naik speed boat atau kapal RoRo (kapal Roll On Roll Off). Jika ingin cepat sampai, Anda bisa mencoba naik speed boat. Waktu perjalanan hanya 20 menit dari Pelabuhan Telaga Punggur ke Pelabuhan Tanjung Pinang.

Cara naik kapal ini ternyata juga banyak dipakai oleh wisatawan mancanegara, misal wisatawan asal Singapura dan Malaysia. Para wisatawan asal Singapura biasanya masuk melalui Terminal Ferry Tanah Merah Singapura menuju Terminal Ferry Tanjung Pinang Sri Bintan Pura.

Sementara itu, wisatawan asal Malaysia biasanya berangkat melewati Pelabuhan Punggur langsung menuju Bintan. Meski berbeda tempat berangkat, namun keduanya sama-sama melewati pelabuhan tujuan Bintan.

Gak Butuh Waktu Lama, Paling Cepat Sampai!
© freepik.com
2
Gak Butuh Waktu Lama, Paling Cepat Sampai!

Naik Pesawat Terbang

Rekomendasi kami

Tidak ada cara tercepat sampai Bintan Island selain naik pesawat terbang. Caranya sangat mudah. Pertama-tama, Plesirmania harus pergi ke Bandara Internasional Kualanamu dulu. Sebelum itu, Anda bisa memesan tiket pesawat melalui situs Traveloka atau sejenisnya.

Untuk menuju Bandara Kualanamu, Anda dapat memanfaatkan transportasi umum, contohnya kereta api bandara atau bus Damri. Naik kereta api bandara bisa dari Binjai, Bandar Khalipah, Batang Kuis, dan lainnya. Kalau naik Damri bisa dari Amplas hingga Medan Fair Plaza.

Lebih lanjut, setelah sampai di Bandara menggunakan salah satu transport tadi, Anda bisa bersiap masuk bandara untuk check in dan menunggu pengumuman nomor gate untuk masuk ke dalam pesawat.

Sebagai catatan, perlu diketahui bahwa pesawat rute Medan ke Pulau Bintan saat ini belum memiliki jadwal penerbangan langsung. Oleh karena itu, Plesirmania nantinya akan transit lebih dulu ke Jakarta, kemudian menuju Bandara Bintan di Tanjung Pinang, persisnya di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah.

Sesampainya di Pulau Bintan, Plesirmania bisa menyewa kendaraan seperti mobil atau motor untuk berkeliling menuju objek wisata terkenal. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan perahu untuk menyusuri lautan dan sungai-sungai yang ada.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Pulau Bintan dari Medan

Apakah penjelasan cara ke Pulau Bintan dari Medan tadi menjawab pertanyaan Anda? Jika iya, mari lanjutkan ke section kumpulan pertanyaan yang ada di bawah ini. Baca, yuk!

Bagaimana cara ke Pulau Bintan?

Plesirmania bisa naik kapal laut dari pelabuhan dan naik pesawat terbang dari bandara.

Pulau Bintan masuk kabupaten apa?

Pulau tersebut masuk ke dalam Kabupaten Bintan yang berada di Provinsi Kepri. 

Di manakah letak Pulau Bintan?

Letak Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau, bersebelah dengan Kota Batam.

Apa nama bandara di Pulau Bintan?

Nama bandara di Pulau Bintan adalah Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah yang terletak di Kota Tanjung Pinang.

Kesimpulan: Cara ke Pulau Bintan dari Medan

Dari hasil rangkuman tersebut, sudah paham ‘kan bahwa dari Medan ke Pulau Bintan caranya ada 2? Yaitu naik kapal dan naik pesawat. Kalau mau naik kapal harus ke Pelabuhan Belawan dulu. Sementara jika ingin naik pesawat harus ke Bandara Internasional Kualanamu.

Tiap cara telah tim Plesir paparkan dengan jelas mulai dari bagaimana Anda bisa memesan tiket dan berangkat ke pelabuhan ataupun bandara. Semoga penjelasannya bermanfaat sehingga Plesirmania tak perlu pusing lagi jika ingin pergi ke Pulau Bintan. Akhir kata, selamat liburan! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo