Hide Menu

Efisien Kalau Lewat Gresik, Berikut 2 Cara ke Pulau Bawean Si Surga Tersembunyi Laut Jawa

Dua Uraian Cara Menuju Bawean Menggunakan Alat Transportasi Laut dan Udara, No Darat-Darat!

Artikel Cara ke Pulau Bawean ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara ke Pulau Bawean 2024
© freepik.com

Kenalan Dulu dengan Pulau Bawean. Surga di Laut Jawa

Kenalan Dulu dengan Pulau Bawean. Surga di Laut Jawa
freepik.com

Bawean merupakan sebuah pulau yang berada di Laut Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Letak dari Pulau Bawean sekitar 135 km sebelah utara dari Kota Gresik. Secara administratif, pulau tersebut termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik.

Pulau Bawean itu terdiri dari 2 kecamatan, yakni Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Faktanya, penduduk Pulau Bawean berjumlah sekitar 100 ribu jiwa lebih. Siapakah yang mendiami pulau tersebut? Rupanya orang yang mendiami pulau tersebut berasal dari Suku Bawean, Jawa, Kalimantan, Madura, Sulawesi, dan Sumatra.

Menurut sejarahnya, nama Pulau Bawean berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai makna sinar matahari. Kemudian, menurut legenda, pulau ini merupakan tempat di mana sekelompok pelaut dari Kerajaan Majapahit terdampar ketika matahari terbit karena badai Laut Jawa.

Banyak orang menyebut Pulau Bawean sebagai Pulau Putri sebab banyak laki-laki muda merantau ke Pulau Jawa dan ke luar negeri. Pulau Bawean juga terkenal dengan tempat berlabuhnya keluarga Kerajaan Campa masa silam yang akan menuju Pulau Jawa. Ini adalah cerita dari legenda Pulau Putri.

Dari uraian perkenalan tentang Bawean, apakah Anda tertarik mengunjunginya? Jika demikian, Anda harus menyimak terus cara ke Pulau Bawean yang akan tim Plesir paparkan sebentar lagi. Baca lanjutannya, yuk!

Ada Apa Saja di Pulau Bawean?

Ada Apa Saja di Pulau Bawean?
freepik.com

Menurut Mohammad R et al (2012) objek wisata alam di Pulau Bawean meliputi daerah pantai dan pegunungan serta danau yang tersebar di berbagai desa. Dari keterangan milik peneliti didapatkan bahwa ada banyak wisata alam menarik di Bawean. Inilah daftar wisata alam tersebut:

  • Pantai Mayangkara

Adalah salah satu pantai di Bawean. Plesirmania dapat menyaksikan pemandangan indah hamparan pasir pantai berwarna putih berpadu dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. 

  • Pantai Mombhul

Selain Pantai Mayangkara, Anda juga bisa berkunjung ke Pantai Mombhul. Pemandangan alam di Mombhul cukup memesona untuk Anda nikmati sendiri maupun bersama keluarga.

  • Penangkaran Rusa

Tak disangka-sangka Pulau Bawean mempunyai hewan endemik. Namanya Rusa Axis Kuhli yang juga merupakan rusa asli Bawean. Jumlah rusa endemik tersebut sekitar 32 ekor. Selain mengunjungi berbagai pantai indah di Bawean, Anda bisa mencoba ke penangkaran ini.

  • Danau Kastoba

Merupakan daya tarik lain dari Bawean. Danau Kastoba letaknya berada di tengah-tengah Pulau Bawean. Bagi pengunjung yang ingin pergi ke danau ini bisa melewati jalan setapak sekitar 500 meter dari pintu masuk danau.

  • Air Terjun Laccar

Objek wisata berbasis air lainnya adalah Air Terjun Laccar. Anda dapat mengunjungi air terjun ini di Desa Kebun Teluk Dalam. Yang menarik dari Laccar waterfall adalah Plesirmania bisa melihat keindahan air mengalir dari ketinggian 25 meter.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Cara ke Pulau Bawean - Terbaru 2024

Bagaimana menurut Anda wisata alam Bawean? Menakjubkan, ‘kan? Lantas, bagaimana akses menuju pulau cantik ini? Simak penjelasan lengkapnya dari tim Plesir melalui section di bawah!

1
Naik Kapal Express Bahari

Dari Pelabuhan Gresik, Pesan Tiket Lewat Aplikasi

Naik Kapal Express Bahari

2
Naik Pesawat Terbang Susi Air

Terbang dari Bandara Juanda dan Turun di Bandara Harun Thohir

Naik Pesawat Terbang Susi Air

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Dari Pelabuhan Gresik, Pesan Tiket Lewat Aplikasi
© freepik.com
1
Dari Pelabuhan Gresik, Pesan Tiket Lewat Aplikasi

Naik Kapal Express Bahari

Rekomendasi kami

Cara pertama yang bisa mengantarkan Anda sampai ke Pulau Bawean adalah naik kapal Express Bahari melalui Pelabuhan Gresik. Jika Anda berangkat dari Surabaya, maka Plesirmania bisa menuju Pelabuhan Gresik menggunakan kendaraan pribadi (motor atau mobil).

Lalu, Anda dapat menitipkan kendaraan pribadi di tempat parkir yang tersedia. Namun sebelum itu, Anda perlu membeli tiket terlebih dahulu di aplikasi Express Bahari yang bisa Plesirmania download melalui App Store atau Google Play Store.

Untuk jadwal keberangkatan KMC Express Bahari ternyata cukup eksklusif, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu saja. Sementara jadwal kepulangan kapal tersebut hanya ada di hari Senin, Rabu, dan Sabtu.

Mengenai jam operasional penyeberangan kapal baik keberangkatan dari Pelabuhan Gresik maupun keberangkatan dari Pelabuhan Bawean, keduanya sama-sama beroperasi pukul 9 pagi WIB. Anda akan menempuh perjalanan selama 4 jam lamanya. Sedangkan untuk harga tiket kapal bisa Anda lihat pada keterangan berikut:

Rute Gresik – Bawean

  • VIP: Rp. 250.000
  • Eksekutif: Rp. 200.000

Rute Bawean – Gresik

  • VIP: Rp. 244.000
  • Eksekutif: Rp. 194.000

Rincian harga di atas sudah termasuk asuransi dan pass pelabuhan. Selain membeli lewat aplikasi, Plesirmania bisa membeli tiket tersebut di kantor KMC Express Bahari di Jalan Pahlawan Nomor 36 Tlogobendung Gresik atau di Jalan Dermaga No. 8B Bawean.

Sebagai informasi tambahan untuk Plesirmania di rumah, selain KMC Express Bahari yang menyediakan rute Gresik – Bawean, ada juga kapal Roro Ferry bernama KMP Gili Iyang. Pembelian tiket untuk kapal feri ini bisa dibeli melalui loket di Pelabuhan Paciran Lamongan.

Terkait harga tiket KMP Gili Iyang, tiketnya dibanderol seharga Rp. 69.000 untuk orang dewasa dan Rp. 52.000 untuk anak-anak. Sementara itu, jadwal kapal tersebut hanya ada pada hari Selasa, Sabtu, dan Minggu.

Untuk keberangkatan kapal feri Paciran – Bawean tersedia pukul 9 malam, dan keberangkatan Bawean – Paciran tersedia pukul 10 pagi. Jam operasional tersebut berlaku pada hari Selasa, Sabtu, juga Minggu. Menaiki kapal tersebut artinya Anda akan menempuh perjalanan di laut selama 8 jam.

Terbang dari Bandara Juanda dan Turun di Bandara Harun Thohir
© freepik.com
2
Terbang dari Bandara Juanda dan Turun di Bandara Harun Thohir

Naik Pesawat Terbang Susi Air

Rekomendasi kami

Bagi Plesirmania yang ingin merasakan sensasi naik pesawat kecil ke P. Bawean bisa coba naik pesawat Susi Air dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Harun Thohir Airport Bawean. Saat ini, Susi Air merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang menyediakan jalur tersebut.

Perangkat pesawat yang digunakan Susi Air adalah jenis pesawat Cessna Grand Caravan. Kendaraan ini mempunyai kapasitas tak begitu luas, sehingga hanya muat penumpang berjumlah 12 orang saja. Bukan hanya penumpang yang dibatasi, namun bagasi pun demikian.

Plesirmania hanya boleh membawa barang bawaan maksimal seberat 10 kg untuk bagasi tercatat dan maksimal 7 kg untuk bagasi kabin. Dengan begitu, pastikan bahwa Anda membawa barang yang penting-penting saja, ya.

Lalu, mengenai jadwal keberangkatan pesawat Susi Air ini berangkat setiap hari Senin sampai Sabtu, kecuali Rabu. Untuk biaya ke daerah Gresik Bawean naik pesawat tersebut mulai dari Rp. 374.000. Beruntung jika Anda memilih naik pesawat ke Bawean karena lama perjalanan hanya ditempuh selama 1 jam saja. Keberangkatan pesawat sudah tersedia mulai pukul 7 pagi.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Pulau Bawean

Ada empat pertanyaan beserta jawaban menarik mengenai Pulau Bawean. Silakan membaca daftarnya sebelum memasuki bagian penutup!

Berapa jam menyeberang ke Pulau Bawean?

Sekitar 8 sampai 9 jam menggunakan kapal motor dan 3 jam saja menggunakan kapal cepat.

Apakah Pulau Bawean berpenghuni?

Ya, Pulau Bawean berpenghuni. Penghuni pulau tersebut mencapai 75 ribu jiwa lebih.

Berapa lama Gresik-Bawean?

Lama perjalanan dari Gresik ke Bawean adalah 8 sampai 9 jam dengan kapal motor dan dengan kapal cepat hanya 3 jam.

Bagaimana akses ke Pulau Bawean?

Plesirmania bisa naik kapal atau naik pesawat kecil untuk sampai ke pulau tersebut.

Kesimpulan: Cara ke Pulau Bawean

Demikian uraian singkat nan padat dari tim Plesir terkait cara ke Pulau Bawean. Tercatat hanya ada dua cara untuk bisa ke surga tersembunyi ini, yaitu naik kapal dan naik pesawat terbang. Anda tak perlu ragu lagi memesan tiket travel Bawean karena sudah ada info lengkap dari Plesir seperti yang sudah Anda baca barusan.

Jika ingin berangkat, segera pesan tiket kapal dan tiket pesawat di masing-masing situs web, Jangan lupa untuk menyiapkan biaya ke Pulau Bawean berdasarkan itinerary yang akan Anda lakukan. Jadi, apakah Plesirmania sudah siap jalan-jalan ke Bawean Island?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo