Hide Menu

Cari Tahu 5 Cara ke Lembang dari Jakarta, Salah Satunya Bisa Naik Kereta Cepat Whoosh!

Ada Kereta, Bus, Juga Kendaraan Pribadi yang Dapat Mengantarkan Anda Sampai ke Lembang. Mau Pilih yang Mana?

Artikel Cara ke Lembang dari Jakarta ini diposting diperbarui
73 Pembaca
Like
Cara ke Lembang dari Jakarta 2024
© freepik.com

Dimana Letak Lembang?

Dimana Letak Lembang?
freepik.com

Seperti yang Plesirmania ketahui, Lembang terkenal dengan wisata alamnya. Sebenarnya, daerah ini merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung bagian barat, Jawa Barat. Kalau dari ibu kota Bandung sendiri, Kecamatan Lembang berjarak sekitar 22 kilometer ke arah timur laut.

Mengenai batas wilayah, Kecamatan Lembang berbatasan langsung dengan Kota Bandung di bagian selatan dan Kabupaten Subang di bagian utara. Dengan cakupan jarak dan batas wilayah cukup dekat satu sama lain membuat daerah Lembang dapat ditempuh hanya dalam waktu setengah jam dari pusat Kota Bandung.

Begitupun dengan kota di sebelahnya, yakni Jakarta. Untuk menuju Lembang dari Jakarta, Anda hanya memerlukan waktu 3 jam-an. Lantas, bagaimana Plesirmania dapat pergi ke daerah yang dipenuhi wisata menarik tersebut? Tim Plesir akan menjabarkan beberapa cara ke Lembang dari Jakarta secara singkat. Stay tuned, ya!

Bisa Naik Apa Saja dari Jakarta ke Bandung?

Bisa Naik Apa Saja dari Jakarta ke Bandung?
freepik.com

Ada sejumlah transportasi umum yang dapat mengantarkan Anda sampai ke Lembang dari Jakarta. Transum tersebut antara lain kereta api, kereta cepat, bus, kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, bus antar kota, serta minibus travel.

Sebagian kendaraan seperti mobil, motor, dan travel dapat mengantarkan Anda langsung ke Lembang atau salah satu tempat tujuan wisata impian di daerah tersebut. Di sisi lain, kendaraan seperti bus dan kereta hanya bisa mengantarkan Plesirmania sampai di stasiun terdekat di Kota Bandung termasuk Stasiun Bandung, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiaracondong.

Kalau naik kereta dan bus memang kekurangannya adalah Anda harus berganti transum lain. Tetapi, tenang saja. Sebab, semua moda transportasi umum di Bandung dapat mengantarkan Anda ke Lembang!

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara ke Lembang dari Jakarta - Terbaru 2024

Menurut Abdurrasyid M (2017), Kecamatan Lembang jika dilihat dari konteks pendekatan wilayah membutuhkan wisatawan dari luar daerah agar terus berkembang, contohnya wisatawan dari Jakarta. Bagi Anda warga Jakarta ingin ke Lembang, jangan lewatkan cara ke Lembang dari Jakarta yang dapat Anda coba seperti berikut. Simak, ya!

1
Naik Kereta Api

Nyaman, Cepat, Pasti Sampai Tepat Waktu

Naik Kereta Api

2
Kereta Cepat Whoosh

Cara Paling Baru Super Cepat Sampai Bandung

Kereta Cepat Whoosh

3
Naik Kendaraan Pribadi

Santai di Jalan Gak Keburu Waktu

Naik Kendaraan Pribadi

4
Naik Travel

Penumpang Terbatas, Terasa Lebih Aman

Naik Travel

5
Naik Bus

Murah Meriah dan Dapat Diandalkan

Naik Bus

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Nyaman, Cepat, Pasti Sampai Tepat Waktu
© freepik.com
1
Nyaman, Cepat, Pasti Sampai Tepat Waktu

Naik Kereta Api

Rekomendasi kami

Tranportasi umum yang banyak dipilih oleh masyarakat Jakarta bila ingin ke Lembang adalah kereta api. Ke Lembang naik kereta api memang pilihan terbaik sebab transport ini cepat. Namun, perlu dicatat bahwa kereta ini tidak menuju Lembang langsung.

Anda harus turun di Bandung city. Kemudian, Plesirmania harus oper menggunakan transportasi umum lainnya. Misal, taksi Grab, angkutan kota (angkot), ojek online, dan lain sebagainya. Untuk biayanya relatif murah, yakni sepuluh ribu rupiah.

Sementara itu, kalau mau mulai naik kereta, Anda bisa naik melalui Stasiun Gambir di Jakarta. Plesirmania nantinya bisa naik KA Argo Parahyangan di Stasiun Gambir dan turun di Stasiun Hall Bandung.

Di samping itu, Anda juga bisa naik di stasiun lain, yaitu di Stasiun Jakarta Kota. Setelah itu, Anda bisa naik KA Serayu dan turun di Stasiun Kiaracondong. Kedua stasiun tersebut merupakan stasiun terdekat menuju Lembang.

Cara Paling Baru Super Cepat Sampai Bandung
© freepik.com
2
Cara Paling Baru Super Cepat Sampai Bandung

Kereta Cepat Whoosh

Rekomendasi kami

Kalau sebelumnya ada kereta lokal biasa yang bisa mengantarkan Anda ke Lembang melalui Kota Bandung, kali ini ada kereta cepat Whoosh yang belum lama diresmikan. Per Oktober 2023, tiket kereta ini dijual mulai dengan harga Rp. 150.000.

Anda dapat memesan atau beli tiketnya melalui website ticket.kcic.co.id, vending machine di stasiun atau melalui loket di stasiun langsung. Plesirmania bisa naik dari Stasiun Halim di Jakarta dan turun di Stasiun Tegalluar.

Setelah sampai di Stasiun Tegalluar, nantinya Plesirmania dapat meneruskan perjalanan menggunakan KA feeder ke Stasiun Bandung. Anda tak perlu membayar lagi karena tiket kereta Whoosh termasuk ke dalam KA feeder.

KA feeder merupakan kereta pengumpan yang mengantarkan penumpang yang naik kereta Whoosh. Apabila anda tidak berminat menggunakan KA feeder, Plesirmania bisa mencoba menaiki shuttle Damri. Tarif bus Damri hanya Rp. 15 ribu. Untuk jadwal bus Damri tidak selalu 24 jam, melainkan mengikuti kedatangan kereta Whoosh.

Santai di Jalan Gak Keburu Waktu
© freepik.com
3
Santai di Jalan Gak Keburu Waktu

Naik Kendaraan Pribadi

Dengan adanya tol, berkendara dari Jakarta ke Lembang semakin mudah. Anda bisa menggunakan mobil sebagai alternatif kendaraan bila tidak ingin naik kereta. Naik motor sebenarnya juga bisa, tetapi tim Plesir tidak merekomendasikannya karena cukup berbahaya. Kalau naik mobil caranya yaitu lewat Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau Tol Cipularang.

Selain itu, Plesirmania bisa lewat jalur alternatif yang bisa sampai di Lembang langsung. Anda bisa lewat Padalarang-Cimahi dan ke Jalan Ciumbuleuit menuju jalur Punclut. Kemudian, Plesirmania juga bisa lewat Jalan Dago yang sebelumnya melewati Alun-Alun Cimahi.

Terakhir, Anda pun bisa melewati Purwakarta-Padalarang-Cimahi kemudian ke arah Jalan Kolonel Masturi. Ketiga jalur alternatif tersebut dapat mengantarkan Anda menuju Lembang menggunakan mobil.

Naik mobil memang lebih santai, Anda bisa berhenti untuk istirahat kapan saja. Namun, biaya bensin mungkin akan menjadi pertimbangan cukup matang. Kendati demikian, tidak ada salahnya mencoba naik mobil ke Lembang sesekali.

Penumpang Terbatas, Terasa Lebih Aman
© freepik.com
4
Penumpang Terbatas, Terasa Lebih Aman

Naik Travel

Ada pilihan kendaraan lain yang bisa Anda manfaatkan, yaitu naik minibus travel jurusan JKT-BDG. Naik travel ini mempunyai kelebihan tersendiri. Pertama, Anda tidak perlu pergi ke terminal karena Anda bisa minta jemput dari rumah.

Kedua, Plesirmania bisa sampai di tempat tujuan tanpa harus berhenti di titik pemberhentian lain. Biaya naik travel pun terjangkau, hampir mirip dengan naik bus. Kelebihan terakhir yaitu penumpangnya terbatas. Jadi, lebih nyaman kala mau bepergian ala-ala private trip.

Di samping itu, rute perjalanan terkadang bisa lewat tol dan lewat bawah. Tergantung dari kebijakan masing-masing jasa travel. Untuk jenis kendaraannya, perusahaan travel ini umumnya menggunakan Toyota Hiace.

Murah Meriah dan Dapat Diandalkan
© freepik.com
5
Murah Meriah dan Dapat Diandalkan

Naik Bus

Rekomendasi kami

Satu lagi pilihan transum yang dapat Anda manfaatkan, yakni bus antar kota. Karena banyaknya penumpang yang ingin ke Bandung dari Jakarta dengan tujuan bekerja atau jalan-jalan, maka armada bus kian ramai tersedia. Sebagai contoh, ada Big Bird dan Cititrans yang menyediakan rute tersebut.

Plesirmania bisa mencoba naik bus dari Terminal Kalideres, lalu turun di Terminal Leuwi Panjang. Perlu diingat bahwa transum ini tidak langsung mengarah ke terminal yang ada di Lembang kalau naik bus. Justru Anda harus naik angkot lagi.

Mengenai tarif bus sendiri bervariasi sesuai dengan kebijakan setiap PO Bus. Akan tetapi, harganya masih di bawah 100 ribu rupiah. Plesirmania bisa melihat perbandingan harga melalui kolom produk di atas.

Tanya Jawab Seputar Cara ke Lembang dari Jakarta

Jika pembahasan sebelumnya belum menjawab pertanyaan di benak Anda, cari tahu jawaban lainnya dari pertanyaan-pertanyaan seputar cara ke Lembang dari Jakarta di bawah ini!

Mau ke Lembang turun stasiun apa?

Plesirmania bisa turun di Stasiun Hall Bandung atau Stasiun Kiaracondong.

Berapa ongkos dari Stasiun Bandung ke Lembang?

Sekitar 10 ribu rupiah dengan menggunakan angkot.

Dari Bandung ke Lembang naik apa?

Plesirmania bisa naik bus antar kota, kereta api, mobil, motor, dan minibus travel.

Apa saja stasiun dekat Lembang?

Di antaranya ada Stasiun Cimindi, Stasiun Bandung, Stasiun Cikudapateuh, dan lainnya.

Berapa jarak Jakarta Lembang?

Sekitar 164 km, bisa dapat Anda tempuh dalam kurun waktu 3 jam lebih 5 menit.

Kesimpulan: Cara ke Lembang dari Jakarta

Terbukti bahwa ada 5 cara menuju Lembang dari Jakarta, yaitu naik kereta lokal, kereta cepat, bus, kendaraan pribadi, serta travel. Kelima transportasi ini dapat Anda pakai bila ingin main-main ke Lembang.

Bagi warga sekitar Jakarta, Ciputat, maupun Cibatu, cobalah naik kereta cepat Whoosh dan rasakan sensasi sampai di tempat tujuan secepat kilat. Jadi, transportasi apa yang akan Plesirmania pilih untuk mengantar Anda ke Lembang? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo