Hide Menu

Tak Disangka Ternyata Ini 4 Beda Bunaken vs Raja Ampat. Kira-Kira Lebih Indah Mana, Ya?

Perbedaan Khas Bunaken dan Raja Ampat Terkait dari Letak sampai dengan Luas Wilayah

Artikel Bunaken vs Raja Ampat ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Bunaken vs Raja Ampat 2024
© freepik.com

Seperti Apa Keindahan Alam Bawah Laut Bunaken vs Raja Ampat?

Seperti Apa Keindahan Alam Bawah Laut Bunaken vs Raja Ampat?
freepik.com

Negara maritim ini bernama Indonesia. Siapa yang tidak tahu bahwa negara ini sebagian besar terdiri dari 70 persen lautan dan sisanya berupa daratan. Itulah mengapa disebut negara maritim.

Lalu, secara keseluruhan negara maritim ini mempunyai 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, serta 950 biota terumbu karang. Bahkan, dalam hitungannya sekitar 37% dari spesies ikan di dunia ada di Indonesia. Menakjubkan, bukan?

Menyajikan fakta-fakta ini akan terasa sia-sia apabila tim Plesir tidak memberikan bukti wilayah yang mempunyai kekayaan laut tersebut. Sebut saja Bunaken dan Raja Ampat, adalah dua tempat ternama di mana kekayaan bawah laut tersimpan.

Bagaimana tidak, Anda bisa menemukan 58 spesies terumbu karang saat mengunjungi Bunaken. Sedangkan saat mengunjungi Raja Ampat, Anda akan temukan banyak terumbu karang lunak, ikan berwarna cerah, hingga gurita cincin biru paling berbahaya di lautan.

Dari sekian banyak tempat dengan kekayaan bawah lautnya Bunaken dan Raja Ampat memang tempat wisata laut paling menyita perhatian. Itulah mengapa tak mengherankan banyak dari wisatawan membandingkan keindahan bawah laut mereka.

Untuk mendalami bagaimana perbedaan kedua wilayah indah ini, tim Plesir telah merangkum poin-poin pembeda antara Bunaken vs Raja Ampat. Jika Anda penasaran, terus saksikan penjelasan tim Plesir berikutnya. Ayo segera baca!

Apa Itu Bunaken?

Apa Itu Bunaken?
freepik.com

Bunaken adalah sebuah pulau yang berada di Sulawesi. Terdapat Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken di sekitar Pulau Bunaken. Pulau ini disebut-sebut telah terkenal dengan surga bawah lautnya.

Taman laut tersebut juga menyimpan salah satu biodiversitas (keanekaragaman hayati) kelautan yang tertinggi di dunia. Kabarnya pula, Bunaken termasuk one of the best diving spots in Indonesia atau spot menyelam terbaik di negara ini.

Menurut Hendrawan S dalam penelitiannya, ia menerangkan bahwa Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken merupakan salah satu kawasan yang telah lama dijadikan objek wisata (2018). Hal ini tentu saja karena Bunaken menawarkan banyak keindahan bawah lautnya.

Apa Sebenarnya Raja Ampat?

Apa Sebenarnya Raja Ampat?
freepik.com

Raja Ampat yang Anda ketahui berbeda dengan Pulau Bunaken. Sebenarnya, Raja Ampat adalah sebuah kepulauan. Raja Ampat sendiri terdiri dari gugusan kepulauan berlokasi di Provinsi Papua Barat Daya. Bukan hanya satu namun ada lebih dari 3 gugusan pulau di Kepulauan Raja Ampat.

Membandingkan dengan Bunaken, Raja Ampat juga menyimpan surga bawah lautnya sendiri yang tak kalah menarik. Berkat aneka keindahan bawah lautdan tentu gugusan menariknya, Raja Ampat menjadi tujuan favorit para penyelam dari seluruh dunia.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Bunaken vs Raja Ampat - Terbaru 2024

Selanjutnya, mari sama-sama mengenali perbedaan paling mencolok dari Bunaken dan Raja Ampat dengan membaca setiap perbedaan berikut. Gulirkan layar ponsel kesayangan Anda, yuk!

1
Letak

Terletak di Pulau Sulawesi dan Papua

Letak

2
Biota Laut

Terdapat Serangkaian Terumbu Karang, Ikan, Moluska, dan Masih Banyak Lagi

Biota Laut

3
Kepulauan vs Pulau

Antara Gugusan Pulau atau Pulau Saja

Kepulauan vs Pulau

4
Luas

Jumlah Salah Satu Wilayah Mencapai Ratusan Kali Lipat

Luas

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Terletak di Pulau Sulawesi dan Papua
© freepik.com
1
Terletak di Pulau Sulawesi dan Papua

Letak

Rekomendasi kami

Menurut Plesirmania, apa perbedaan pertama yang terlintas di benak Anda jika kata Bunaken dan Raja Ampat terlontar? Ya, benar. Letak masing-masing tempat wisata tersebut. Dalam peta telah tergambar jelas bahwa letak keduanya berjauhan.

Bunaken contohnya berada di Pulau Sulawesi ,tepat di sebelah Pulau Kalimantan. Lebih tepatnya berada di Teluk Manado dan merupakan bagian dari Kota Manado yang adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Sementara itu, Raja Ampat berada di Pulau Papua bagian paling timur dari Indonesia. Lokasi tepatnya yaitu berlokasi di sebelah barat bagian Semenanjung Kepala Burung dari Pulau Papua. Secara administrasi, Raja Ampat masuk ke dalam Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong.

Terdapat Serangkaian Terumbu Karang, Ikan, Moluska, dan Masih Banyak Lagi
© freepik.com
2
Terdapat Serangkaian Terumbu Karang, Ikan, Moluska, dan Masih Banyak Lagi

Biota Laut

Rekomendasi kami

Saatnya menjelajahi biota laut di laut Bunaken dan Raja Ampat. Perbedaan kedua menurut tim Plesir yang paling menunjukkan ciri khas keduanya adalah macam-macam biota laut yang dapat Anda temukan di bawah laut Bunaken maupun Raja Ampat.

Misalnya dalam Taman Nasional Bunaken terdapat habitat 390 spesies terumbu karang dan spesies ikan, kemudian ada moluska, reptil, serta mamalia laut. Pemandangan ratusan jenis ikan termasuk kerapu, kakap, clownfish, angelfish, bahkan ikan badut seperti di film Finding Nemo dapat Plesirmania temukan di sini.

Selain itu, Anda bisa menjumpai berbagai rumput laut, alga, dan ganggang yang merupakan rumah bagi sekelompok fauna laut. Adapun hewan langka, Plesirmania bisa bertemu dengan Penyu Sisik Hawksbill. Menariknya, penyu tersebut hanya ada di TNB, lho!

Lalu, apa yang bisa Plesirmania temukan di Raja Ampat? Terdapat sekurang-kurangnya 75 persen spesies karang, 17 spesies mamalia laut, 6 dari 7 penyu terancam punah, serta 1.600 spesies ikan di wilayah tersebut.

Contoh fauna laut Raja Ampat antara lain terumbu karang lunak, kipas laut, moluska, kerang raksasa, bulu babi, crinoid, tunicata, spons, dan karang keras. Selain daripada itu, Plesirmania juga bisa bertemu hewan laut unik sekaligus berbahaya saat menyelam di beberapa spot diving Raja Ampat.

Hewan-hewan laut unik dan berbahaya itu misalnya hiu, gurita cincin biru, bintang laut berduri, siput laut kerucut, ular laut, belut moray, buaya air asin, dan sebagainya. Sangat beragam dan tentu saja berbeda-beda! 

Antara Gugusan Pulau atau Pulau Saja
© freepik.com
3
Antara Gugusan Pulau atau Pulau Saja

Kepulauan vs Pulau

Rekomendasi kami

Beralih ke perbedaan selanjutnya, beda Bunaken vs Raja Ampat terlihat antara kepulauan atau pulau. Perlu Plesirmania tahu bahwa kepulauan ialah sebuah gugusan atau rantai atau kumpulan dari pulau-pulau. Sementara pulau adalah sebuah tanah atau daratan yang dikelilingi oleh air dengan luas lebih kecil dari sebuah benua.

Bunaken misalnya ternyata adalah sebuah pulau. Lebih tepatnya Pulau Bunaken masuk ke dalam Taman Nasional Bunaken bersama dengan empat pulau di sekitarnya, yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan beberapa anak pulaunya, serta Pulau Naen.

Di sisi lain, Raja Ampat adalah sebuah kepulauan yang mempunyai beberapa pulau-pulau. Empat gugusan pulau tersebut ialah Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Jumlah Salah Satu Wilayah Mencapai Ratusan Kali Lipat
© freepik.com
4
Jumlah Salah Satu Wilayah Mencapai Ratusan Kali Lipat

Luas

Rekomendasi kami

Menurut informasi yang tim Plesir dapatkan, luas wilayah Bunaken yakni sekitar 8,08 km persegi. Sementara luas Taman Nasional Bunaken ialah sekitar 890 km persegi. Ini sangat berbanding terbalik dengan luas wilayah Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat sendiri mempunyai luas sekitar 8.034 km persegi. Perbedaan jumlah yang cukup drastis, bukan? Karena memang pada kenyataannya Kepulauan Raja Ampat sangat amat besar, membentang dari sisi barat ke timur dibandingkan Pulau Bunaken plus TNB.

Tanya Jawab Seputar Bunaken vs Raja Ampat

Selangkah lagi, tuntaskan bacaan perbedaan antara Raja Ampat vs Bunaken ini sebelum ke penutup. Ayo lanjut baca pertanyaan di bawah!

Mengapa Raja Ampat disebut sebagai surga bawah laut tercantik di dunia?

Karena Raja Ampat mempunyai sekitar kurang lebih 75 persen spesies laut di dunia. Bahkan, wilayah laut dan juga darat kepulauan ini memiliki luas hingga 4,6 juta hektar. Itu artinya kepulauan tersebut juga menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.551 spesies ikan, serta ribuan biota laut lainnya.

Wisata apa saja yang ada di Raja Ampat?

Plesirmania bisa mencoba menjelajahi Pulau Misool, Laguna Bintang, Desa Arborek, Air Terjun Kiti-Kiti, Pulau Kofiau, dan jalan-jalan ke Danau Ayamaru.

Raja Ampat terletak di mana?

Secara administratif, Raja Ampat terletak di Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong. Tepatnya di Provinsi Papua Barat Daya.

Apakah Raja Ampat termasuk taman nasional?

Ya, Raja Ampat termasuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Raja Ampat yang berada di pusat Coral Triangle.

Kesimpulan: Bunaken vs Raja Ampat

Nah, sudah paham ‘kan sekarang beda antara Bunaken versus Raja Ampat? Perbedaan keduanya terletak pada lokasi, aneka hewan laut, masuk ke dalam pulau atau kepulauan, dan luas wilayah.

Masing-masing wilayah membawa ciri khas mereka sendiri sehingga dapat dibedakan oleh empat poin tadi. Catat rangkuman setiap perbedaan Bunaken vs Raja Ampat supaya Anda tidak salah pilih destinasi liburan. Semoga Anda terbantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo