Hide Menu

Persiapkan 6 Budget ke Banda Neira Berikut Sebelum Kehabisan Uang Banyak, Cek Sekarang!

Agar Tidak Boros Saat Bepergian, Usahakan Hitung dengan Jelas Setiap Biaya dari Transport hingga Cendera Mata

Artikel Budget ke Banda Neira ini diposting diperbarui
8 Pembaca
Like
Budget ke Banda Neira 2024
© freepik.com

Banda Neira dengan Sejumlah Fakta yang Mengesankan

Banda Neira dengan Sejumlah Fakta yang Mengesankan
freepik.com

Pernah mendengar Banda Neira? Terdengar seperti sebuah nama musisi band tanah air bukan? Ya, Anda tak salah mendengar. Inspirasi penamaan mereka berasal dari pulau yang berada di Kepulauan Banda, Maluku. Lokasi di mana tokoh pendiri bangsa Indonesia banyak diasingkan zaman dahulu.

Kepulauan Banda sendiri berada Kabupaten Maluku Tengah. Kepulauan ini terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil yang mengelilinginya, banyak benteng peninggalan Belanda, belum lagi pemandangan gunung berapi hijau nan tinggi berada di tengah-tengah pulau.

Bila Anda ingat uang 1000 emisi 2016, di bagian belakang uang tersebut terdapat gambar pemandangan Benteng Belgica dengan tambahan Gunung Berapi Banda. Keindahan Banda Neira bukan hanya itu saja, melainkan hasil rempahnya juga menjadi salah satu kelebihan. Oleh sebab itu, bangsa Eropa berbondong-bondong datang ke Banda Neira saat penjajahan dulu.

Mereka ingin mengambil hasil bumi seperti cengkeh, pala, dan lada. Bahkan, salah satu pulau di Kepulauan Banda, Pulau Run, dimintai bertukar dengan Pulau Manhattan di Amerika. Saking kayanya rempah di pulau tersebut.

Mendengar fakta-fakta ini apakah Anda penasaran ingin mengunjungi Banda Neira di masa depan? Kalau mau ke sini, jangan lupa hitung budget ke Banda Neira dulu. Lebih mudah lihat inspirasi perhitungan dari tim Plesir, lho. Yuk, perhatikan penjelasannya!

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Budget ke Banda Neira - Terbaru 2024

Bagi Plesirmania yang sudah tidak sabar menunggu perhitungan budget ke Banda Neira, bersiaplah! Sesaat lagi rincian tersebut akan hadir. Yuk, scroll!

1
Budget Transportasi PP

Naik Kapal Laut Aja, Gak Makan Biaya!

Budget Transportasi PP

2
Budget Sewa Kendaraan Bermotor

Seratus Ribu Sudah Sangat Cukup untuk Sewa Sehari

Budget Sewa Kendaraan Bermotor

3
Budget Penginapan

Semalam Cukup Siapkan Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah!

Budget Penginapan

4
Budget Konsumsi

Siapkan Uang Makan Kurang Lebih 120 Ribu Rupiah

Budget Konsumsi

5
Budget Tiket Objek Wisata

Jangan Sampai Ketinggalan Biaya Satu Ini!

Budget Tiket Objek Wisata

6
Budget Beli Oleh-oleh

Cukup Mahal Apabila Ingin Memborong Banyak Barang

Budget Beli Oleh-oleh

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Naik Kapal Laut Aja, Gak Makan Biaya!
© freepik.com
1
Naik Kapal Laut Aja, Gak Makan Biaya!

Budget Transportasi PP

Rekomendasi kami

Yang terasa berat mungkin biaya transportasi ke Banda dari luar Maluku. Tiket pesawat saja dari Jakarta ke Ambon membutuhkan biaya hampir 3 juta rupiah sekali jalan. Belum lagi dari Ambon ke Banda Neira perlu naik kapal laut yang mana butuh biaya tambahan.

Maka, tim Plesir sarankan agar Anda naik kapal laut saja yang harga tiket sekali jalan tidak sampai jutaan rupiah. Harga tiket ke Banda Neira naik kapal masih terjangkau, yakni Rp. 801.000. Bagaimana cara naik kapal itu? Anda perlu naik KM Nggapulu dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta ke Pelabuhan Banda di Maluku Tengah.

Begitupun sebaliknya bila ingin kembali pulang, Anda harus naik kapal di Pelabuhan Banda lagi menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Sebagai informasi tambahan, bila ingin pergi ke Banda Neira, book tiket sebulan sebelumnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapat tempat di dalam kapal.

Jadi, untuk biaya PP naik kapal sebesar Rp. 1.602.000. Sayangnya, biaya tersebut tidak mencakup kepergian dari Surabaya. Jika Plesirmania dari Kota Pahlawan, Anda mungkin perlu menambah biaya karena harus pergi dulu menuju Jakarta.

Seratus Ribu Sudah Sangat Cukup untuk Sewa Sehari
© freepik.com
2
Seratus Ribu Sudah Sangat Cukup untuk Sewa Sehari

Budget Sewa Kendaraan Bermotor

Sesampainya di Banda Neira, Anda mungkin perlu menyewa kendaraan bermotor untuk mempermudah mobilitas diri sendiri sambil membawa backpack selama liburan. Kendati demikian, Anda juga bisa berjalan kaki kalau dirasa destinasi wisata sudah di depan mata.

Jikalau destinasi impian Anda jauh di luar pulau, opsinya yaitu sewa motor atau naik perahu untuk island hopping tour ke pulau-pulau seberang. Ini dia daftar harga sewa motor di daerah tujuan:

  • Sewa motor = Rp. 100.000 per hari
  • Naik public boat 1 kali = Rp. 30.000 per orang
  • Naik public boat 3 kali (Pulau Run, Pulau Nailaka, dan Pulau Hatta) = Rp. 90.000

Lalu, Anda dapat menghitung total biaya tersebut dengan biaya yang harus dikeluarkan Rp. 100.000 + Rp. 90.000 = Rp. 190.000.

Semalam Cukup Siapkan Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah!
© freepik.com
3
Semalam Cukup Siapkan Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah!

Budget Penginapan

Rekomendasi kami

Faktanya, persebaran lokasi penginapan di Banda Neira memang belum seramai di ibu kota Maluku karena pulau ini berada di tengah-tengah laut. Yang akan sering Anda temukan adalah penginapan-penginapan model guest house.

Meskipun begitu, ada beberapa hotel yang bisa Anda sewa jika tidak berminat menginap di guest house. Fasilitas guest house dan hotel di Banda beruntungnya sudah memadai. Penginapan guest house telah difasilitasi ruang makan hingga ruang tamu. Sementara fasilitas di hotel lebih lengkap.

Kemudian, range harga untuk guest house mulai dari Rp. 150.000. Untuk hotel sendiri harganya sekitar Rp. 330 ribu sampai dengan Rp. 700 ribu bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Tim Plesir sarankan menginap di guest house saja, jadi Anda harus menyisihkan uang sebesar Rp. 150.000.

Siapkan Uang Makan Kurang Lebih 120 Ribu Rupiah
© freepik.com
4
Siapkan Uang Makan Kurang Lebih 120 Ribu Rupiah

Budget Konsumsi

Beruntungnya lagi, makanan di Banda Neira cukup terjangkau mulai dari Rp. 20.000 seporsi. Umumnya seporsi berisi nasi, lauk, sayur, dan ikan. Anda juga dapat mencicipi makanan khas daerah Maluku. Contohnya papeda, ikan asar, kokohu, patatas rebus, dan lain-lain.

Perhitungan biaya konsumsi selama dua hari di Banda Neira dihitung berdasarkan enam kali makan sebab setiap hari Anda perlu makan tiga kali sehari. Total hitungannya sekitar Rp. 20.000 x 6 kali makan sama dengan Rp. 120.000.

Jangan Sampai Ketinggalan Biaya Satu Ini!
© freepik.com
5
Jangan Sampai Ketinggalan Biaya Satu Ini!

Budget Tiket Objek Wisata

Lebih lanjut, hitunglah biaya mengunjungi objek wisata di Banda Neira. Menurut Muhammad F, di Banda Neira atau Banda Naira terdapat begitu banyak warisan sejarah. Ada rumah-rumah peninggalan kolonial hingga sejumlah benteng pertahanan (2020).

Anda bisa pergi ke beberapa jenis atraksi wisata tersebut atau lihat rekomendasi tempatnya di tabel bawah beserta harga tiket masuk masing-masing objek wisata, seperti:

Objek WisataHarga Tiket Masuk
Rumah Pengasingan Bung Hatta dan Bung SjahrirRp. 20.000
Rumah Budaya Banda NeiraRp. 20.000
Gereja TuaRp. 20.000
Klenteng Sun Tien KongRp. 20.000

Jika berencana pergi ke keempat wisata tersebut, Plesirmania bisa menjumlah HTM berdasarkan Rp. 20.000 x 4 kali berkunjung sama dengan Rp. 80.000.

Cukup Mahal Apabila Ingin Memborong Banyak Barang
© freepik.com
6
Cukup Mahal Apabila Ingin Memborong Banyak Barang

Budget Beli Oleh-oleh

Apa yang perlu dihitung selanjutnya? Biaya membeli oleh-oleh tentunya! Karena Banda Neira berada di Pulau Maluku, maka oleh-oleh khas dari sana termasuk ciri khas Maluku. Plesirmania bisa membeli suvenir benda mati seperti gelang, kain, hingga kue kering sekalipun.

Untuk perkiraan harga, silakan memperkirakannya seperti:

Jenis Oleh-olehHarga (per buah, helai atau bungkus)
Gantungan kunciRp. 20.000
Kain tenun khas AmbonRp. 85.000
KaosRp. 135.000
Gelang kain Rp. 35.000
Kue kenariRp. 40.000

Bila dijumlah semuanya Rp. 20.000 + Rp. 85.000 + Rp. 135.000 + Rp. 35.000 + Rp. 40.000, maka Plesirmania harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 315.000.

Tanya Jawab Seputar Budget ke Banda Neira

Setelah membaca setiap perkiraan harga untuk keperluan open trip ke Banda Neira, saatnya Anda meneliti beberapa pertanyaan berikut!

Berapa biaya masuk ke Banda Neira?

Tidak ada biaya masuk ke Banda Neira, Anda hanya perlu membayar tiket kapal atau pesawat agar bisa masuk ke pulau tersebut.

Berapa lama naik kapal dari Jakarta ke Banda Neira?

Sekitar 4 hari jika naik kapal langsung tanpa oper kapal lagi.

Apakah ada pesawat ke Banda Neira?

Ya, ada. Anda perlu naik pesawat dengan tujuan Jakarta-Banda Neira di Halim Perdana Kusuma Airport.

Dari Surabaya ke Banda Neira naik apa?

Anda bisa naik kapal laut di pelabuhan atau pesawat terbang di bandara.

Kesimpulan: Budget ke Banda Neira

Dari perhitungan yang tim Plesir tuliskan tentang biaya transport sampai biaya oleh-oleh di bagian sebelumnya, tim Plesir mendapatkan jumlah keseluruhan Rp. 1.602.000 + Rp. 190.000 + Rp. 150.000 + Rp. 120.000 + Rp. 80.000 + Rp. 315.000 = Rp. 2.457.000.

Hasil perhitungan tersebut adalah perkiraan yang harus seseorang keluarkan selama 2 hari 1 malam. Tim Plesir rasa biaya tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin paket liburan ala backpacker ke Banda Neira. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi pulau ini? Jika iya, cobalah di tahun depan!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo