Hide Menu

Hitung Dulu 6 Biaya Wisata Raja Ampat Ini biar Gak Kehabisan Banyak Uang, Simak Segera!

Perkiraan Total Biaya yang Harus Dikeluarkan Bila Ingin Mengunjungi Raja Ampat, Lengkap

Artikel Biaya Wisata Raja Ampat ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Biaya Wisata Raja Ampat 2024
© freepik.com

Persiapan Biaya Wisata Raja Ampat Meliputi Apa Saja?

Persiapan Biaya Wisata Raja Ampat Meliputi Apa Saja?
freepik.com

Raja Ampat atau lebih tepatnya Kepulauan Raja Ampat Papua merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia. Kepulauan ini mempunyai beberapa pulau, pantai, hingga bukit-bukit yang sangat indah.

Agar Anda dapat mengunjungi indahnya kepulauan tersebut, Plesirmania wajib tahu gambar rincian persiapan biaya ke Raja Ampat dulu. Misalnya, biaya transportasi. Ini adalah ongkos pertama yang harus ada dalam persiapan.

Kedua dan seterusnya ialah biaya tiket masuk wisata, penginapan, konsumsi, dan sewa kapal ferry serta sewa kapal cepat. Jangan lupa mencatat ongkos tak terduga dan ongkos membeli oleh-oleh.

Cukup banyak, ya biayanya? Tenang Plesirmania! Tim Plesir sudah menyiapkan contoh perkiraan hitungan biaya wisata Raja Ampat spesial untuk Anda. Plesirmania bisa menelaah pada bagian berikutnya. Simak bersama, yuk, khususnya bagi pasangan baru yang mau honeymoon!

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Biaya Wisata Raja Ampat - Terbaru 2024

Siapa yang sudah gak sabar menghitung biaya wisata Raja Ampat? Tanpa berlama-lama, gulirkan layar handphone Anda segera!

1
Biaya Transportasi

Cukup Beragam antara Naik Kapal atau Pesawat

Biaya Transportasi

2
Biaya Naik Ferry

Tambahkan 300 Ribu Rupiah pada Anggaran Liburan

Biaya Naik Ferry

3
Biaya Tiket Masuk Wisata

Persiapkan Uang Sekitar Enam Ratus Ribu Rupiah

Biaya Tiket Masuk Wisata

4
Biaya Penginapan

Perhitungan Dapat Berbeda Tergantung Tempat Menginap

Biaya Penginapan

5
Biaya Sewa Kapal Cepat

Mengelilingi Pulau-Pulau Sekitar Perlu Dana Juga

Biaya Sewa Kapal Cepat

6
Biaya Makan dan Minum

Kalau Gak Mau Kelaparan, Siapkan Setengah Juta

Biaya Makan dan Minum

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cukup Beragam antara Naik Kapal atau Pesawat
© freepik.com
1
Cukup Beragam antara Naik Kapal atau Pesawat

Biaya Transportasi

Rekomendasi kami

Dana yang perlu Anda keluarkan pertama adalah biaya liburan khusus transportasi menuju Raja Ampat. Anda memerlukan transportasi seperti kapal laut atau pesawat terbang. Dari dulu 2016 sampai saat ini, baru 2 jenis transportasi ini yang mampu mengantarkan Anda.

Untuk biaya tiketnya bervariasi, antara kapal maupun pesawat. Harga tiket kapal misalnya mencapai 770 ribu rupiah sekali jalan dan harga tiket pesawat sebesar 3 juta rupiah. Cukup berbeda memang harga kedua jenis transportasi tersebut karena lama perjalanan yang ditempuh berbeda pula.

Sebagai contoh, bila naik kapal dari lokasi Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Rakyat Sorong, Anda memerlukan waktu kurang lebih 4 hari. Di sisi lain, saat Anda naik pesawat hanya perlu waktu 4 jam penerbangan.

Menurut Anda, apakah ini sepadan dengan harganya? Tentu saja sepadan mengingat ada harga ada rupa! Lalu, jika Anda ingin naik kapal PP, maka total uang yang perlu Plesirmania keluarkan adalah sebesar Rp. 770.000 + Rp. 770.000 = Rp. 1.540.000.

Sementara itu, total ongkos naik pesawat PP yaitu Rp. 3.000.000 + Rp. 3.000.000 = Rp. 6.000.000. Dari total biaya tadi, katakanlah Anda ingin naik pesawat, maka tuliskan dalam rincian anggaran travel sebesar 6 juta rupiah.

Tambahkan 300 Ribu Rupiah pada Anggaran Liburan
© freepik.com
2
Tambahkan 300 Ribu Rupiah pada Anggaran Liburan

Biaya Naik Ferry

Setelah menuliskan biaya transportasi bolak-balik dari kota asal menuju Sorong, tuliskan biaya naik kapal ferry pada daftar anggaran selanjutnya. Biaya tersebut dibutuhkan untuk mengantarkan Anda menuju Raja Ampat dari Sorong.

Supaya bisa sampai ke Kepulauan Raja Ampat, Anda harus menyeberang pulau dulu. Itu mengapa Plesirmania memerlukan biaya naik kapal ferry. Lalu, Plesirmania bisa memesan tiket langsung di pelabuhan tepatnya loket pembelian tiket.

Plesirmania nantinya harus naik dari Pelabuhan Rakyat yang ada di Sorong, lalu turun di Pelabuhan Waisai. Kemudian, untuk harga transportasi naik kapal ferry kurang lebih mencapai 150-250 ribu rupiah. 150 ribu rupiah untuk kelas ekonomi, dan 250 ribu rupiah untuk kelas VIP.

Jika Anda ingin naik kapal ferry kelas ekonomi, maka jumlahkan harga Rp. 150.000 + Rp. 150.000 = Rp. 300.000 untuk perjalanan Sorong-Waisai dan sebaliknya.

Tahukah Anda? Perjalanan menyeberang ke Waisai tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya, hanya memerlukan waktu 1-2 jam perjalanan sehingga Anda bisa menghabiskan waktu dengan beristirahat di dalam kapal.

Persiapkan Uang Sekitar Enam Ratus Ribu Rupiah
© freepik.com
3
Persiapkan Uang Sekitar Enam Ratus Ribu Rupiah

Biaya Tiket Masuk Wisata

Sebagai bentuk dari pemeliharaan lingkungan Raja Ampat, setiap wisatawan lokal maupun internasional yang datang ke letak destinasi ini wajib membayar 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Biaya ini berlaku selama setahun penuh.

Saat Anda kembali di kemudian hari ketika masa berlaku tiket pemeliharaan masih aktif, maka tak perlu membayar lagi. Cukup tunjukkan tiket masuk tersebut. Kemudian, ada juga tiket masuk ke objek wisata terdekat. Contohnya, Anda harus membayar sebesar 50 ribu rupiah apabila ingin mengunjungi Bukit Piaynemo.

Sama halnya jika Plesirmania ingin mengunjungi Pulau Wayag, 50 ribu rupiah adalah nominal biaya yang harus Anda keluarkan. Dengan demikian, Plesirmania bisa menjumlahkan total pengeluaran untuk biaya tiket masuk wisata sebesar Rp. 500.000 + Rp. 50.000 + Rp. 50.000 = Rp. 600.000.

Perhitungan Dapat Berbeda Tergantung Tempat Menginap
© freepik.com
4
Perhitungan Dapat Berbeda Tergantung Tempat Menginap

Biaya Penginapan

Rekomendasi kami

Kusmayadi dan Aldini K (2017) mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat umumnya tinggal di resort yang ada di Distrik Meos Mansar (Papua Diving dan masyarakat), namun ada juga yang tinggal di atas kapal selama belasan hari.

Ini menunjukkan bahwa terdapat penginapan semacam resort yang dapat Anda tinggali selagi open tour Raja Ampat. Ada pula homestay, cottage, dan jenis penginapan lain. Untuk ukuran resort biasanya mulai dari 1 jutaan rupiah. Homestay dan cottage lebih murah sekitar 300-500 ribu rupiah.

Untuk memudahkan Anda menghitung, tuliskan saja 500 ribu rupiah sebagai harga sewa per malam. Apabila Anda ingin menginap 2 hari, maka kalikan Rp. 500.000 x 2 = Rp. 1.000.000. Begitu seterusnya jika ingin menginap selama 3 malam atau 4 malam.

Mengelilingi Pulau-Pulau Sekitar Perlu Dana Juga
© freepik.com
5
Mengelilingi Pulau-Pulau Sekitar Perlu Dana Juga

Biaya Sewa Kapal Cepat

Melakukan island hopping adalah salah satu cara menikmati keindahan pulau yang tersebar di Kepulauan Raja Ampat. Caranya yaitu naik kapal cepat atau fast boat. Dengan ini, Anda memerlukan dana untuk sewa kapal cepat.

Harganya mungkin terasa mahal yaitu sekitar 8 juta rupiah sampai 10 juta rupiah setiap kali sewa. Akan tetapi, nominal tersebut bisa dibagi secara patungan bersama teman-teman sebanyak 12-15 orang. Jadi, untuk satu penumpang harus membayar sekitar 800 ribu rupiah.

Kalau Gak Mau Kelaparan, Siapkan Setengah Juta
© freepik.com
6
Kalau Gak Mau Kelaparan, Siapkan Setengah Juta

Biaya Makan dan Minum

Rekomendasi kami

Selanjutnya, catat pula biaya makan dan minum selama berlibur. Jangan sampai menikmati libur tanpa mengisi perut! Harga makanan di daerah Raja Ampat Regency cukup berbeda daripada di Surabaya. Sekali makan perlu mengeluarkan uang sebesar 45 ribu rupiah.

Apabila Anda ingin wisata selama 3 hari (1 hari butuh 3 kali makan), maka perhitungan makannya ialah Rp. 45.000 x 9 kali makan = Rp. 405.000. Sementara untuk biaya minum ambil contoh dengan membeli 1 botol ukuran 600 ml sebesar 10 ribu rupiah.

Jika memerlukan 2 botol setiap harinya, maka Rp. 10.000 x 6 botol = Rp. 60.000.  Kemudian, total biaya makan dan minum selama 3 hari yaitu Rp. 405.000 + Rp. 60.000 = Rp. 465.000.

Tanya Jawab Seputar Biaya Wisata Raja Ampat

Beberapa pertanyaan telah tim Plesir siapkan untuk Anda yang sedang mencari jawaban dari pertanyaan yang belum terjawab. Cek pada kolom di bawah ini!

Berapa harga trip Raja Ampat?

Trip ke kerajaan Raja Ampat saat ini mencapai 5 juta lebih untuk 3 hari 2 malam. Harga ini diluar dari biaya tranportasi dan ongkos membeli suvenir.

Apakah masuk Raja Ampat bayar?

Ya, bayar. Plesirmania sebagai wisatawan lokal harus membayar sebesar 500 ribu rupiah untuk tarif layanan pemeliharaan lingkungan.

Berapa biaya dari Jakarta ke Raja Ampat?

Biaya ke Raja Ampat dari Jakarta kurang lebih mencapai 10 juta rupiah lebih, sudah termasuk biaya transportasi sampai biaya oleh-oleh.

Kenapa Raja Ampat sangat mahal?

Salah satu faktor yang mempengaruhi wisata Raja Ampat mahal yaitu biaya transportasi. Alasan di baliknya karena lokasi destinasi ini cukup jauh dari beberapa daerah di Indonesia. 

Kesimpulan: Biaya Wisata Raja Ampat

Selamat kepada Plesirmania sudah menghitung bersama besaran ongkos dari harga paket wisata Raja Ampat seluruhnya. Dapat Anda jumlahkan biayanya yaitu Rp. 6.000.000 + Rp. 300.000 + Rp. 600.000 + Rp. 1.000.000 + Rp. 800.000 + Rp. 465.000 = Rp. 9.165.000.

Jumlah tersebut merupakan total dari biaya transportasi sampai dengan biaya makan dan minum per orang. Plesirmania dapat menambahkan ongkos tak terduga dan ongkos membeli oleh-oleh sesuai kebutuhan. Semoga membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo