Hide Menu

Cuma Butuh 2 Jutaan, Berikut 6 Biaya ke Pulau Bintan Beserta Rincian Perhitungannya!

Rangkuman Hitungan Biaya Berlibur ke Bintan Island Secara Detail dan Menarik untuk Disimak!

Artikel Biaya ke Pulau Bintan ini diposting diperbarui
9 Pembaca
Like
Biaya ke Pulau Bintan 2024
© freepik.com

Perhitungan Biaya Tour Pulau Bintan Berapa?

Perhitungan Biaya Tour Pulau Bintan Berapa?
freepik.com

Pulau Bintan yang berlokasi di Kabupaten Bintan, Kepri, Indonesia menawarkan beraneka ragam wisata eksotis berupa pantai, gurun pasir, Treasure Bay atau kolam renang terbesar se Asia Tenggara, Lagoi Bay, bahkan vihara dengan 1000 wajah.

Tertarik mengunjungi Pulau Bintan, Plesirmania? Jika demikian, maka Anda harus menghitung besaran biaya ke Pulau Bintan mulai dari ongkos transportasi, konsumsi, akomodasi, hingga ongkos membeli oleh-oleh.

Saat ini, di banyak agen tour and travel, harga penawaran paket wisata Pulau Bintan dihargai sekitar 1,7 juta rupiah. Namun, ternyata nominal tersebut belum meliputi biaya transport PP dan membeli suvenir.

Lantas, berapa besaran biayanya kalau dihitung dengan ongkos transport juga oleh-oleh? Inilah tugas Anda mencari tahu pada pembahasan selanjutnya. Segera scroll dan temukan jawaban perhitungan tim Plesir. Let’s count!

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Biaya ke Pulau Bintan - Terbaru 2024

Siapa yang tidak mau holiday trip ke Bintan? Ayo cermati dahulu perkiraan biaya menuju pulau eksotis tersebut seperti pada kolom-kolom di bawah ini!

1
Biaya Tranportasi PP

Naik Kapal Jauh Lebih Murah Harganya, Nyaman Pula!

Biaya Tranportasi PP

2
Biaya Penginapan

300 Ribu Rupiah Sudah Dapat Penginapan Mewah!

Biaya Penginapan

3
Biaya Makan dan Minum

Masih dalam Kisaran Harga Wajar

Biaya Makan dan Minum

4
Biaya Tiket Wisata

Tambahkan ke dalam List Sebesar 180 Ribu Rupiah

Biaya Tiket Wisata

5
Biaya Sewa Kendaraan

Pinjam Selama 1 Hari Harus Siap Uang 100 Ribu Rupiah

Biaya Sewa Kendaraan

6
Biaya Beli Oleh-Oleh

Persiapkan Dana Kurang Lebih 350 Ribu Rupiah

Biaya Beli Oleh-Oleh

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Naik Kapal Jauh Lebih Murah Harganya, Nyaman Pula!
© freepik.com
1
Naik Kapal Jauh Lebih Murah Harganya, Nyaman Pula!

Biaya Tranportasi PP

Rekomendasi kami

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ida R dan Imam O (2024), Pulau Bintan adalah pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau yang terdiri atas ratusan pulau besar maupun kecil, terbentang luas di seberang Singapore dan Johor Baru, Malaysia.

Untuk ke sana, Plesirmania perlu transportasi memadai layaknya pesawat dan kapal. Selain daripada kedua jenis tranport ini tampaknya tidak bisa mengantarkan Anda sampai ke Bintan. Lalu, mengenai harga naik pesawat maupun kapal keduanya cukup berbeda.

Harga best deals naik pesawat saat ini sudah mencapai hampir 1,5 juta, sementara harga naik kapal sekitar 415 ribu rupiah. Kalau Plesirmania mencari transportasi murah, pilih saja naik kapal. Sebaliknya, apabila mencari transport yang cepat, naiklah pesawat.

Bila Anda berencana naik pesawat, naiklah dari Bandara Soekarno-Hatta Internasional menuju Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah. Sementara jika naik kapal, naiklah dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Pinang.

Menurut tim Plesir lebih baik coba naik kapal yang murah. Selain itu, naik kapal juga nyaman tak kalah dengan naik pesawat. Akan tetapi, Plesirmania harus bermalam di kapal sebab lama perjalanan naik kapal adalah 1 hari lebih 10 jam kira-kira.

Setelah menentukan mau naik kapal seperti saran tim Plesir, kemudian tuliskan jumlah biaya transportasi PP naik kapal sebesar Rp. 415.000 + Rp. 415.000 = Rp. 830.000.

300 Ribu Rupiah Sudah Dapat Penginapan Mewah!
© freepik.com
2
300 Ribu Rupiah Sudah Dapat Penginapan Mewah!

Biaya Penginapan

Rekomendasi kami

Berikutnya yaitu mencatat ongkos penginapan. Sebelum itu, mari tentukan seberapa lama Anda ingin menginap di Bintan Island? Katakanlah Anda ingin menginap dengan itinerary 3D2N. Jika demikian, saatnya menentukan Anda ingin menginap di mana.

Banyak jenis penginapan di pulau tersebut, contohnya resort with canopy, villa, hotel, homestay, dan lain-lain. Apabila Plesirmania ingin menginap di penginapan yang murah, kuncinya jangan pilih villa atau resort. Sebab, harga sewa per malam bisa mencapai 1 juta rupiah lebih.

Maka dari itu, menginap saja di hotel atau homestay. Harga yang harus Anda bayarkan untuk menginap di hotel atau homestay adalah sekitar 100 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah. Bahkan, ada yang lebih murah dari 100 ribu rupiah kalau Anda pandai mencari.

Kemudian untuk memudahkan Anda menghitung, ambil perhitungan sebesar Rp. 300.000 dan kalikan sebanyak 2 kali sesuai dengan lama Anda menginap. Jadi, hasil jumlah biaya penginapan adalah Rp. 600.000.

Masih dalam Kisaran Harga Wajar
© freepik.com
3
Masih dalam Kisaran Harga Wajar

Biaya Makan dan Minum

Rekomendasi kami

Perlu gak mencatat pengeluaran konsumsi? Sangat perlu! Walaupun Anda berencana pergi 1 hari ke Bintan tetap harus menuliskan biaya makan dan minum. Beruntungnya, harga makanan seporsi di destinasi wisata itu tidak jauh berbeda dengan yang ada di Jakarta.

Perkiraan biaya makan seporsi Rp. 25.000. Kemudian, hitunglah pengeluaran makan dan minum seperti:

Biaya Makan

  • 1 kali makan = Rp. 25.000
  • 1 hari butuh 3 kali makan = Rp. 75.000
  • 3 hari butuh 9 kali makan = Rp. 225.000

Biaya Minum

  • 1 botol air mineral ukuran 600 ml = Rp. 5.000
  • 1 hari butuh 2 botol = Rp. 10.000
  • 3 hari butuh 6 botol = Rp. 30.000

Dari perhitungan tersebut dapat Plesirmania jumlahkan antara biaya makan dan minum Rp. 225.000 + Rp. 30.000 = Rp. 255.000.

Tambahkan ke dalam List Sebesar 180 Ribu Rupiah
© freepik.com
4
Tambahkan ke dalam List Sebesar 180 Ribu Rupiah

Biaya Tiket Wisata

Rekomendasi kami

Yang patut Anda catat selanjutnya biaya tiket masuk wisata. Apabila Plesirmania tidak ingin membayar tiket masuk, maka carilah tempat wisata yang tidak mengharuskan membayar tiket masuk. Berikut adalah contoh tempat wisata yang bisa Anda kunjungi beserta dengan HTM setiap lokasi:

Objek WisataHarga Tiket Masuk
Pantai TrikoraGratis
Gurun Pasir BintanGratis
Air Terjun Gunung BintanRp. 10.000
Lagoi BeachRp. 50.000
Treasure BayRp. 120.000

Lalu, Plesirmania dapat menghitung keseluruhan biaya memasuki tempat-tempat wisata tersebut adalah Rp. 10.000 + Rp. 50.000 + Rp. 120.000 = Rp. 180.000.

Pinjam Selama 1 Hari Harus Siap Uang 100 Ribu Rupiah
© freepik.com
5
Pinjam Selama 1 Hari Harus Siap Uang 100 Ribu Rupiah

Biaya Sewa Kendaraan

Pulau Bintan cukup luas untuk bisa Anda kelilingi seharian dan mustahil jalan kaki mengelilinnya. Oleh karena itu, tim Plesir sarankan sewa saja kendaraan seperti sepeda motor. Plesirmania bisa menyewa sepeda motor dekat Kota Tanjung Uban.

Kemudian, perkiraan harganya sekitar 100 ribu rupiah per 24 jam. Bila lama travelling Bintan selama 3 hari, maka Plesirmania bisa menyewa sepeda motor tiga hari. Jadi, biaya meminjam sepeda motor ini sebesar Rp. 100.000 x 3 = Rp. 300.000.

Persiapkan Dana Kurang Lebih 350 Ribu Rupiah
© freepik.com
6
Persiapkan Dana Kurang Lebih 350 Ribu Rupiah

Biaya Beli Oleh-Oleh

Rekomendasi kami

Pergi ke Pulau Bintan tanpa membawa pulang oleh-oleh? Sayang banget! Plesirmania coba sekali-kali beli beberapa oleh-oleh khas daerah setempat sebagai kenang-kenangan. Ada beberapa barang yang bisa Anda beli, seperti aneka batik, kopi, tepung, dan kerajinan kayu dengan harga seperti:

Aneka Oleh-OlehHarga
Batik gonggongRp. 180.000
Kopi HawaiiRp. 120.000 per bungkus
Tepung gomakRp. 40.000 per bungkus
Gantungan kunciRp. 15.000 per unit

Lebih lanjut, jumlahkan total harga di atas Rp. 180.000 + Rp. 120.000 + Rp. 40.000 + Rp. 15.000, hasilnya sama dengan Rp. 355.000.

Tanya Jawab Seputar Biaya ke Pulau Bintan

Satu lagi dan Anda akan sampai ke penutup perhitungan biaya ke Pulau Bintan, bacalah pertanyaan-pertanyan berikut ini!

Berapa biaya masuk Treasure Bay bintang?

Tiket masuk tempat wisata tersebut ialah Rp. 120.000.

Bagaimana cara ke Pulau Bintan?

Caranya yaitu naik kapal laut atau naik pesawat terbang

Apakah masuk Lagoi bayar?

Ya, bayar. Plesirmania perlu membayar sebesar Rp. 50.000 sekali masuk.

Wisata Bintan apa saja?

Ada banyak macamnya, antara lain Pantai Trikora, Desa Wisata Ekang, Gurun Pasir Busung, Berakit Tracking Mangrove Park, Air Terjun Gunung Bintan, dan lain sebagainya.

Naik apa dari Batam ke Pulau Bintan?

Anda bisa naik kapal ferry atau naik kapal speed boat.

Kesimpulan: Biaya ke Pulau Bintan

Demikian Plesirmania dapat menghitung total pengeluaran dari biaya trasportasi sampai dengan biaya oleh-oleh sebesar Rp. 830.000 + Rp. 600.000 + Rp. 255.000 + Rp. 180.000 + Rp. 300.000 + Rp. 355.000 = Rp. 2.520.000.

Pengeluaran ini sudah termasuk paket tour Bintan selama 3 hari dua malam. Bagi Anda yang mau menambahkan biaya tak terduga, tim Plesir sangat menyarankan. Apabila menurut Anda tidak perlu juga tak mengapa. Itu dia akhir dari hitungan paket wisata Bintan.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo