Hide Menu

Bukankah Beda Holiday dan Vacation Gak Ada Karena Arti Keduanya Liburan? No, Ini 3 Bedanya

Perbedaan antara Kata Holiday dan Vacation pada Arti, Kegunaan, dan Contoh dalam Kalimat

Artikel Beda Holiday dan Vacation ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Beda Holiday dan Vacation 2024
© freepik.com

Salah Kaprah Kata Holiday dan Vacation

Salah Kaprah Kata Holiday dan Vacation
freepik.com

Bukan hal baru bahwa masyarakat Indonesia menganggap istilah liburan dalam bahasa Inggris adalah holiday dan juga vacation. Terkadang, kita menggunakan kedua kata tersebut tanpa tahu makna sesungguhnya yang digunakan di negara asal, yaitu Inggris.

Pada kasus yang tim Plesir sering temui, orang-orang menggunakan kata holiday dengan bebas untuk merujuk penyebutan hari libur nasional bahkan saat libur sekolah. Ini tentu bertolak belakang dengan arti sebenarnya.

Dari persoalan tersebut seharusnya Plesirmania tak ikut-ikutan menggunakan kata holiday dalam penerapan di segala hari libur, ya. Oleh karenanya, tim Plesir ingin membahas beda holiday dan vacation secara mendalam agar Plesirmania lebih paham. Siap? Ayo mulai!

Apa yang Dimaksud dengan Kata Holiday?

Apa yang Dimaksud dengan Kata Holiday?
freepik.com

Siapa yang tak tahu kata holiday? Orang awam pun sepertinya mengerti, bukan? Holiday sendiri sama dengan penyebutan libur dalam bahasa Inggris yang kemudian orang Indonesia anggap sebagai kata terjemahan dari libur secara umum.

Begitupun dengan I Ketut S dan I Gusti N (2017) yang menyebut kata holiday pada frasa school holiday adalah libur. Di bawah ini adalah kutipannya:

Musim ramai (peak season) biasanya terjadi pada hari-hari libur, contohnya seperti libur sekolah (school holiday) atau libur akhir tahun seperti Natal dan Tahun Baru.

Namun, pada kenyataanya kata holiday cenderung memiliki makna sebagai hari libur keagamaan bukan seperti layaknya anggapan rata-rata orang Indonesia. Orang English biasa menyebut holiday merujuk pada Hari Natal, Hanukkah, Easter, dan sejenisnya.

Di samping itu, holiday juga disebut sebagai hari yang disucikan. Ketika Hari Natal misalnya tiba, orang Inggris akan meninggalkan keseharian mereka untuk menghormati atau merayakan hari kesucian tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Vacation?

Apa yang Dimaksud dengan Vacation?
freepik.com

Lain lagi dengan the difference of vacation. Tak seperti holiday yang digunakan untuk menyebut hari libur keagamaan, vacation dapat Plesirmania pakai untuk menyebutkan libur panjang ke suatu tempat di luar dari tempat tinggal entah bersama keluarga atau teman.

Orang-orang Inggris umumnya menggunakan kata vacation bila mereka akan merencanakan liburan musim panas selama long weekend saat summer time tiba. Mereka mengganggap vacation sebagai short gate away with family atau teman sekolah, kerja ataupun kuliah.

Biasanya, vacation ditandai kebutuhan (need) para pekerja yang ingin mengambil libur panjang dan mereka berencana pergi trip ke luar kota. Kemudian, vacational ini juga ditujukan kepada liburan mahasiswa yang sedang libur semester.

E.T Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Plesir. Meski Plesir terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Plesir. Silakan baca kebijakan editorial Plesir untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Beda Holiday dan Vacation - Terbaru 2024

Sedikit paham ‘kan Plesirmania apa sesungguhnya maksud holiday itu dan begitupun apa sebenarnya vacation itu. Berikutnya, jangan sampai terlewatkan akan pembahasan utama dari artikel ini, yaitu membaca ketiga perbedaan dari holiday maupun vacation dalam 3 kolom di bawah. Yuk, simak bersama!

1
Arti Holiday dan Vacation

Ternyata Sangat Beda dalam Arti Sesungguhnya

Arti Holiday dan Vacation

2
Penggunaan Kata Holiday vs Vacation

Sebagai Kata Benda, Kata Sifat, dan Kata Kerja

Penggunaan Kata Holiday vs Vacation

3
Contoh pada Kalimat Bahasa Inggris

Berbagai Pengaplikasian dalam Contoh Kalimat

Contoh pada Kalimat Bahasa Inggris

Anda bisa percaya Plesir. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Plesir meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ternyata Sangat Beda dalam Arti Sesungguhnya
© freepik.com
1
Ternyata Sangat Beda dalam Arti Sesungguhnya

Arti Holiday dan Vacation

Rekomendasi kami

Seperti penjelasan singkat sebelumnya, kata holiday adalah kata yang berasal dari kata “holy” dan “day”. Holy berarti suci dan day mempunyai arti hari. Bila Anda artikan seksama, arti kata ini menjadi hari yang suci. Arti ini merujuk pada hari suci keagamaan.

Sehingga, apabila Anda pernah mendengar kata “happy holiday” di film, ini berarti mereka sedang membicarakan selamat merayakan hari libur keagamaan, entah itu Hari Natal atau Hari Paskah. Bisa Anda asumsikan bahwa ini menjadi libur nasional karena di Inggris mayoritas merayakan Hari Natal.

Pada zaman dahulu memang ditegaskan bahwa holiday memiliki arti hari yang disucikan. Namun, ini berubah karena sekarang holiday tak selalu berkaitan dengan hari libur keagamaan, misalnya hari besar kebangsaan atau hari libur nasional.

Sedangkan vacation memiliki arti libur yang tidak merujuk pada libur keagamaan. Penerjemahan tulisan vacation pada awal penggunaan bukanlah vacation, melainkan vacacioun. Penggunakan kata vacacioun ini tertuang di dalam buku “The Riverside Chauser” karya penulis Inggris Geoffrey Chaucer.

Penulis menganggap bahwa vacacioun adalah waktu luang. Akan tetapi, dalam kutipan salah satu frasa dalam bukunya, vacacioun berarti jeda atau waktu istirahat dari sesuatu. Di sisi lain, kata vacation juga mengarah kepada terjemahan dari kata kerja (verb) vacate yaitu melakukan sesuatu yang bersifat meninggalkan tempat tinggal.

Lalu, lamban laun arti vacation berkembang menjadi waktu yang orang-orang habiskan jauh dari rumah untuk melakukan perjalanan ataupun rekreasi. Orang Amerika Utara terkadang menyebut vacation dalam bahasa gaul sebagai vacay. Dari zaman ke zaman selalu ada perkembangan! 

Sebagai Kata Benda, Kata Sifat, dan Kata Kerja
© freepik.com
2
Sebagai Kata Benda, Kata Sifat, dan Kata Kerja

Penggunaan Kata Holiday vs Vacation

Rekomendasi kami

Beda vacation dan holiday selanjutnya ada pada penggunaan kedua kata tersebut. Dalam tatanan word classes atau kelas kata, vacation lebih digunakan ke dalam noun (kata benda).

Ini lebih merujuk kepada kata benda yang menamai periode waktu yang orang gunakan untuk mengambil libur dari pekerjaan mereka atau sekolah mereka. Umumnya, orang gunakan sebagai waktu bersantai atau bersenang-senang.

Sementara holiday merujuk pada penggunaan kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Orang Inggris menganggap kata holiday berguna dalam tiga tatanan kelas kata tersebut.

Kata holiday (kata benda) merujuk pada hari libur nasional. Sementara kata holiday (kata sifat) mengacu kepada penggunaan konotasi kebahagiaan terkait liburan. Lalu, untuk kata holiday (kata kerja) merujuk kepada melakukan sesuatu yang bersifat liburan.

Berbagai Pengaplikasian dalam Contoh Kalimat
© freepik.com
3
Berbagai Pengaplikasian dalam Contoh Kalimat

Contoh pada Kalimat Bahasa Inggris

Rekomendasi kami

Last but not least, saatnya Plesirmania membedakan bedanya vacation dan holiday pada contoh kalimat. Lihat pada poin-poin berikut!

Holiday

  • Contoh kata benda holiday pada kalimat

My sister’s school gives her a long summer holiday each year

  • Contoh kata sifat holiday pada kalimat

The holiday decorations are putting me in a festive mood

  • Contoh kata kerja holiday pada kalimat

Can I holiday next month?

Vacation

Contoh kata benda vacation pada kalimat

  • I am going on vacation for two or three weeks
  • My job includes two weeks’ paid vacation
  • We are planning a summer vacation to Asia next year

Dari contoh-contoh kalimat di atas, apakah Plesirmania sudah bisa membedakan bagaimana menerapkan kata holiday dan vacation dalam percakapan sehari-hari?

Tanya Jawab Seputar Beda Holiday dan Vacation

Cermati 2 pertanyaan dari perbedaan holiday dan vacation seperti pada kolom yang tersedia!

Berlibur Inggrisnya apa?

Vacation dan holiday adalah bahasa Inggris dari berlibur.

Apa bedanya staycation dan vacation?

Staycation ialah jenis liburan di mana Anda sedang berlibur di daerah tempat tinggal sekaligus melakukan kegiatan rekreasi. Sementara vacation adalah jenis liburan yang memerlukan perjalanan getaway jauh dari tempat tinggal Anda.

Kesimpulan: Beda Holiday dan Vacation

Telah tim Plesir cantumkan tiga perbedaan beda holiday dan vacation, yaitu menurut artinya, kegunaannya, dan juga contoh dalam kalimat. Menarik ‘kan? Ternyata keduanya mempunyai arti, kegunaan, dan penerapan yang berbeda.

Kemudian, tim Plesir harap Plesirmania tidak salah lagi menerapkan kedua kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik di tempat umum atau di rumah. Sekian dulu, mari bertemu di pembahasan selanjutnya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Plesir adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Plesir mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo